Baznas Sumbawa Barat menyalurkan bantuan modal ke warga dan UMKM

id Baznas Sumbawa Barat ,Bantuan Modal

Baznas Sumbawa Barat menyalurkan bantuan modal ke warga dan UMKM

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin (kanan) saat menyerahkan bantuan modal dari Baznas kepada masyarakat, Selasa (5/9/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan bantuan modal ke warga atau para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

"Program bantuan modal usaha yang diberikan ke masyarakat ini bertujuan untuk memberantas riba sesuai komitmen pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat," kata Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa Barat, H Muhammad Ja'far Yusuf saat menyerahkan bantuan tersebut di kantor Baznas daerah setempat, Selasa.

Ia mengatakan tidak boleh ada warga Sumbawa Barat yang pinjam uang pada rentenir atau Bank Rontok, karena dalam hal ini ada tim yang diturunkan langsung memberikan sosialisasi dan pendampingan untuk mendukung program pemerintah memberantas program bebas Riba.

"Tidak boleh pinjam uang di rentenir, lintah darat, atau Bank Rontok. Doa kan agar kami menjadi orang yang Amanah,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan proposal masyarakat untuk modal usaha, Baznas juga menyerahkan dana pembangunan Masjid, rehab rumah dan bantuan Pendidikan. Sistem penyaluran bantuan dilakukan setiap 15 hari sekali (2 kali dalam satu bulan), penyaluran kali ini merupakan pelaksanaan pendistribusian yang ke XII Tahun 2023.

"Modal usaha yang diberikan itu untuk 85 warga penerima masing-masing berjumlah Rp 1.000.000 per orang. Bantuan rehab rumah dan masjid sebesar Rp2.000.000," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin menyampaikan apresiasi atas pencapaian dan program yang dilaksanakan Baznas, sehingga bisa membantu masyarakat kecil dalam menyalurkan bantuan dalam bentuk modal usaha.

"Kepada warga penerima untuk tetap bersyukur, karena dengan bersyukur bisa menentramkan hidup kita, termasuk juga mensyukuri apa yang di berikan saat ini sifat nya hibah, jadi manfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukannya,” katanya.