Sama Sisi Gelar "Bandung Blasting Photo Exhibition 2015"

id Pameran Foto

"Tujuan digelarnya "Bandung Blasting Photo Exhibition 2015", tidak lain untuk menularkan "virus" fotografi"
Mataram (Antara NTB) - Sama Sisi "Creative Work", sebuah komunitas anak muda Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar "Bandung Blasting Photo Exhibition 2015", dengan menampilkan dokumentasi aksi panggung grup band bergenre "death metal", yakni Burger Kill dan Jasad.

Sama Sisi "creative Work" bekerja sama dengan Atap Promotion dan Djarum Coklat, mengemas kegiatan pameran dokumentasi kedua grup band asal Bandung itu dengan ikut menampilkan musik "acoustic" persembahan band lokal.

Pameran dokumentasi perjalanan mereka ke tiga negara di Benua Eropa ini, berlokasi di "basecamp" Sama Sisi "Creative Work", jalan Pejanggik, Kota Mataram. Kegiatan yang dimulai pada Jumat (13/11) Malam itu, berlangsung selama dua hari.

Fuad Prasetyo, Direktur Sama Sisi "Creative Work" kepada wartawan, Sabtu, membahasakan tentang tujuan digelarnya "Bandung Blasting Photo Exhibition 2015", tidak lain untuk menularkan "virus" fotografinya kepada para pengunjung, yang sebagian besar merupakan anak muda Kota Mataram.

"Istilahnya `rekam jejak`. Bagi saya itu penting. Jadi selain memamerkan hasil kegiatan mereka, kami juga ingin membuka `kacamata` pengunjung bahwa mendokumentasikan sebuah momen itu sangat penting dan berharga," kata Fuad usai pameran hari pertama di "basecamp" Sama Sisi "Creative Work", Sabtu.

Hal senada pun dilontarkan Saiful dari Atap Promotion asal Bandung, menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu ajang "unjuk gigi" kreativitas anak muda Indonesia.

"Sebenarnya, melalui kegiatan semacam ini, kami ingin nunjukin kalau anak band metal Indonesia, juga bisa berkreasi, tidak hanya di musik saja," ujar Saiful.

Foto dokumentasi yang diabadikan dalam bentuk puluhan "frame" itu, memetik sejumlah euforia aksi mereka ketika manggung di Eropa. Antara lain menampilkan aksi Jasad di Festival "Obscene Extreme", Republik Ceko. Kemudian penampilan Burgerkill dalam Festival "Wacken Open Air", Jerman.

Ada juga kesempatan "performance" yang menampilkan kolaborasi kedua band asal Bandung ini, di "Bloodstock Open Air", Inggis. Euforia aksi mereka tertuang dalam pameran foto di "basecamp" Sama Sisi "Creative Work".

Bisa dibayangkan, puluhan "frame" hasil dokumentasi mereka dipajang dalam ruangan yang penuh dengan lukisan dinding kreasi anak-anak Sama Sisi "Creative Work". Pajangan koleksi barang-barang antik pun, menambah semangat para pengunjung untuk mengabadikan dirinya di ajang pameran ini.

Puluhan foto dalam "frame" itu banyak menceritakan tentang aksi panggung mereka di hadapan para penggemarnya. Bahkan, ada juga beberapa foto yang menampilkan tingkah laku para personel grup band di luar kebiasaan manggungnya.

Salah satunya, Ira, seorang gadis yang terlihat sedang asik berfoto "selfie" bersama dengan teman sebayanya, di salah satu "frame" yang menggambarkan aksi panggung grup band bergenre "death metal" tersebut.

Gadis manis yang masih duduk di bangku kuliah itu, mengaku bahwa dirinya suka dengan musik metal. Ditambah lagi dengan adanya momen pameran foto aksi panggung Burgerkill dan Jasad asal Bandung di Sama Sisi "Creative Work", membuat Ira betah berdiam lama.

"Suka sama gaya musiknya, walaupun alirannya agak cadas, tapi lagunya nambah semangat. Apalagi fotonya, dipamerin disini, tambah keren," kata Ira. (*)