Bangka Tengah antisipasi penyakit rabies lakukan vaksinasi

id Bangka tengah antisipasi rabies,vaksinasi,Rabies, Vaksinasi Rabies

Bangka Tengah antisipasi penyakit rabies lakukan vaksinasi

Bupati Bangka Tengah, Provinsi Babel, Algafry Rahman (FOO ANTARA/Ahmadi)

Koba, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan vaksinasi terhadap 70 ekor anjing peliharaan untuk mengantisipasi penyakit rabies.
 

"Target kita sebanyak 70 anjing peliharaan disuntik vaksin untuk mengantisipasi rabies yang bisa membahayakan kesehatan manusia," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu. Ia menjelaskan, pemberian vaksin gratis bagi warga yang memiliki anjing peliharaan tersebut dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia. "Pemberian vaksin rabies merupakan langkah antisipasi terjadinya penyebaran rabies dari anjing kepada manusia," ujarnya.

Kendati sejauh ini kata bupati belum ditemukan kasus rabies, namun diperlukan upaya antisipasi dini dengan melakukan suntik vaksin. "Target kita adalah anjing peliharaan karena sangat memungkinkan dan rentan tertular kepada manusia," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Dian Akbarini mengatakan, bahwa sudah melakukan survey hewan penular rabies (HPR) sebelum dilakukan vaksinasi. "Sebelum kita melakukan pemberian vaksin rabies, tim kita sudah melakukan survey HPR ke daerah yang memiliki populasi hewan tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan, Desa Trubus dipilih sebagai lokasi peluncuran vaksin rabies karena memang desa ini juga merupakan desa binaan. "Setelah Desa Trubus, kita akan lanjutkan pemberian dosis vaksin rabies gratis terhadap anjing peliharaan di desa yang lainnya," ujarnya.

Baca juga: Dinas Pertanian: Lombok Tengah bebas dari anjing rabies
Baca juga: Bocah usia 7 tahun tewas digigit anjing liar di Lombok Tengah

Pihaknya juga melakukan pelayanan vaksin rabies gratis dari rumah ke rumah dengan mendatang setiap rumah penduduk yang memiliki anjing peliharaan. "Patut kita syukuri sampai saat ini belum ada laporan kasus rabies di Kabupaten Bangka Tengah," demikian Dian Akbarini.