Kedatangan Dubes buka kerja sama wisata Sumut-Prancis

id dubes prancis ke medan,pariwisata sumut ,disbudparekraf sumut,pariwisata sumut-prancis

Kedatangan Dubes buka kerja sama wisata Sumut-Prancis

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara Zumri Sulthony. (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara menyatakan, kedatangan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone ke Medan pada 25 September 2023 membuka peluang kerja sama pariwisata Sumut dan Prancis.
 

"Kunjungan Dubes Prancis bertujuan melihat potensi kerja sama antara kedua belah pihak. Tidak tertutup peluang terciptanya bekerja sama di sektor pariwisata," ujar Kepala Disbudparekraf Sumut Zumri Sulthony kepada ANTARA di Medan, Senin.

Zumri melanjutkan, akan sangat baik jika kemitraan pariwisata tersebut dapat terlaksana karena akan menguntungkan kedua wilayah. Oleh sebab itu, dia pun berharap hal tersebut dapat terwujud. Apalagi, Sumut terus berupaya untuk meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara ke daerahnya. "Akan sangat baik jika itu dapat dilaksanakan," tutur Zumri.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone bersua dengan Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin di Medan, 25 September 2023. Dalam pertemuan tersebut, Hassanudin menawarkan beberapa kerja sama dengan Dubes Prancis termasuk di sektor pariwisata.

Dia pun meminta Fabien Penone untuk mengunjungi beberapa objek wisata andalan Sumut seperti Kepulauan Nias, Bukit Lawang dan, tentu saja, Danau Toba. Terkait Danau Toba, pada tahun 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan kawasan itu sebagai salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia.

Baca juga: KBRI merayakan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kazakhstan
Baca juga: Para Dubes negara sahabat antusias hadiri Istana Berbatik

"Saya merekomendasikan Danau Toba untuk anda kunjungi, rugi kalau anda tidak berkunjung ke sana. Dan saya berharap, sepulangnya dari Danau Toba atau Sumut, anda bisa menceritakan bagaimana indahnya tempat itu pada teman atau warga Prancis yang lain," kata Hassanudin.

Di Sumut sendiri, pada periode Januari-Agustus 2023, Prancis menjadi negara terbanyak ketujuh yang mengirimkan turisnya ke Sumut setelah Malaysia, Singapura, Jerman, Australia, China dan Belanda. Data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang bulan tersebut, total ada 1.045 wisatawan Prancis yang berkunjung ke Sumut.