Pemkot Mataram dapatkan DAK untuk jalan Rp10 miliar pada 2024

id DAK jalan Mataram

Pemkot Mataram dapatkan DAK untuk jalan Rp10 miliar pada 2024

Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Mataram Miftahurrahman. ANTARA/Nirkomala

Mataram, NTB (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp10 miliar untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan pada 2024.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, NTB, Jumat, mengatakan, DAK Rp10 miliar itu akan di peruntukan untuk pemeliharaan dan peningkatan jalan yakni jalan penghubung ke jalan provinsi dan nasional.

"Untuk peruntukannya, akan kita prioritaskan di Jalan Swasembada, Swakarya, dan di kawasan Cakranegara," katanya yang juga menjadi Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram.

Namun demikian, lanjutnya, untuk panjang ruang jalan yang akan ditingkatkan dengan anggaran Rp10 miliar itu, sejauh ini belum dibahas.

"Untuk penetapan DAK Rp10 miliar ini masih akan dibahas lagi dan bisa jadi akan bertambah," katanya.

Miftahurrahman mengatakan besaran DAK untuk jalan yang diterima tahun 2024 sebesar Rp10 miliar itu sama dengan DAK jalan pada tahun 2022 dan lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp8 miliar.

"Sedangkan, tahun 2023 kita tidak dapat DAK untuk peningkatan kualitas jalan," katanya.

Dikatakan, untuk jalan yang memerlukan pemeliharaan dan peningkatan sudah masuk pendataan dan terverifikasi pemerintah pusat.

Namun, oleh sistem ditentukan prioritas yang dikerjakan terlebih dahulu dan disetujui pemerintah pusat sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

"Saat pengusulan program kita pakai sistem dan itu sudah masuk berbagai kriteria. Ini disesuaikan dengan anggaran dan data kita sudah masuk semua, namun realisasinya bertahap," katanya.