Pemerintah Biak minta KKSS bantu sukseskan Sail Teluk Cenderawasih 2023

id STC Biak,Bupati Biak Herry Naap,STC 2023,STC,KKSS Biak, Papua,Pemkab Biak Numfor

Pemerintah Biak minta KKSS bantu sukseskan Sail Teluk Cenderawasih 2023

Bupati Biak Numfor, Papua Herry Ario Naap saat menghadiri perayaan HUT ke-47 KKSS, Minggu (12/11/2023).ANTARA/Muhsidin

Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor minta masyarakat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menyukseskan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) 22-27 November 2023 yang akan dibuka Presiden RI Joko Widodo.

"Warga KKSS yang sudah puluhan tahun hidup di Kabupaten Biak Numfor punya tanggungjawab bersama dengan pemerintah daerah (pemda) dalam rangka menyukseskan STC 2023," kata Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap saat menghadiri HUT ke-43 KKSS, di Biak, Minggu.

Ia mengingatkan pada tahun politik Pemilu 2024 warga KKSS Biak Numfor untuk senantiasa mewaspadai ajakan melakukan ujaran kebencian dan informasi hoaks yang muncul di media sosial. Perayaan HUT ke-47 KKSS di Biak Numfor, menurut Bupati Herry, bertujuan untuk mengenang semangat pengabdian organisasi kemasyarakatan berkifrah di tengah masyarakat Kabupaten Biak Numfor.

"Mari kita jaga Biak yang damai dan nyaman serta kebersihan lingkungan dalam rangka menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo dalam melakukan serangkaian acara pembukaan STC hingga melakukan ekspor ikan tuna segar ke Jepang melalui Bandara Frans Kaisiepo," ujarnya.

Untuk jadwal acara, kata dia, sudah disiapkan panitia pelaksana STC Biak bersama panitia pusat di Jakarta dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

STC  antara lain diramaikan pula dengan tarian kolosal Parade Nusantara hingga atraksi berjalan di batu panas atau Apen Bayeren dan pentas musik inkulturasi Saereri untuk menghibur pengunjung dan wisatawan. Sementara Ketua KKSS Biak Tempur mengajak warga Sulawesi Selatan senantiasa mendukung program pemda. terutama menjelang pelaksanaan STC Biak.

"Warga KKSS di Biak Numfor terus mendukung program pemda dan Bupati Herry Ario Naap mewujudkan Biak religius, berkarakter, dan berbudaya, dalam bingkai NKRI," katanya.

Berdasarkan data acara STC 2023, ada enam program prioritas diantaranya pelaksanaan acara puncak, ekspor produk perikanan, diplomatik tur, seminar nasional, pameran UMKM, serta pentas seni budaya Saereri.

Baca juga: Dekranasda PBD latih 66 anak putus sekolah
Baca juga: Pemprov Papua mengakui angka stunting 11 persen di Kabupaten Jayapura


Empat kabupaten penyelenggara STC diantaranya Kabupaten Biak Numfor, Sarmi, Waropen, dan Kabupaten Kepulauan Yapen. Sedangkan tema STC 2023 yakni "Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik"  dengan tagline "Torang Hebat!".