Pemkot Mataram menggalang donasi mencapai Rp83,7 juta untuk Palestina

id Mataram for palestina,mataram,donasi palestina

Pemkot Mataram menggalang donasi mencapai Rp83,7 juta untuk Palestina

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (kiri) menyerahkan donasi sebesar Rp83.758.500 ke LAZ DASI NTB, dari hasil penggalangan donasi untuk Palestina yang digelar Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat kegiatan Iman dan Taqwa (Imtaq) dalam rangka HUT Korpri ke 52 Tahun 2023 di Halaman Kantor Wali Kota Mataram, Jumat (24/11-2023). (ANTARA/HO-Diskominfo)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berhasil menggalang donasi untuk Palestina mencapai Rpp83.758.500 dari siswa, guru, pegawai serta pejabat jajaran pemerintah kota setempat.

Penggalangan donasi itu digelar Pemerintah Kota Mataram dalam rangka HUT Korpri ke-52 Tahun 2023 dirangkaikan dengan kegiatan Iman dan Taqwa (Imtaq) yang dihadiri juga oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, di Halaman Kantor Wali Kota Mataram, Jumat.

"Alhamdulillah, dari kegiatan tersebut kita bisa menghimpun donasi Rp83,7 juta lebih," kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Amir Wisuda.

Donasi hasil sumbangan jamaah dalam kegiatan Imtaq tersebut bersumber dari Wali Kota Mataram, Wakil Wali Kota Mataram, Ketua DPRD Kota Mataram, Sekda Kota Mataram, pimpinan OPD dan jajaran pegawai lingkup Pemerintah Kota Mataram.

"Selain itu ada juga dari siswa, guru, TP PKK Kota Mataram, GOW Kota Mataram dan ibu-ibu pengajian yang hadir dalam kegiatan Imtaq," katanya.

Dikatakan, penggalangan dana "Solidarity For Palestine" itu bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) DASI NTB, karenanya donasi yang terkumpul diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana untuk diteruskan ke Palestina.

"Donasi yang kita himpun sudah diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram ke LAZ DASI NTB, disaksikan ratusan jamaah Imtaq yang hadir," katanya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa mengatakan, kegiatan Imtaq dalam rangka HUT Korpri yang dirangkai dengan penggalangan dana untuk Palestina sebagai bentuk aksi kemanusiaan.

Dengan demikian, semua orang yang memiliki moral dan hati nurani tentunya akan tersentuh atas tragedi kemanusiaan di Palestina.

"Jadi yang hadir saat kegiatan penggalangan donasi yang dirangkaikan dengan Imtaq tidak hanya pegawai atau siswa Muslim, tapi juga yang non-Muslim," katanya.

Baca juga: Baznas Kepri salurkan infak kemanusiaan ke Palestina
Baca juga: Donasi Palestina dari Lombok Tengah disalurkan melalui Baznas RI


Hal tersebut, katanya, untuk menunjukkan Kota Mataram juga seperti masyarakat lain berempati terhadap persoalan kemanusiaan yang sekarang terjadi di Palestina.

"Karenanya, kegiatan ini menjadi bagian aksi solidaritas lintas agama sebab ini persoalan kemanusiaan," katanya.