Kemenkumham gandeng Polda Kepri tes kesamaptaan

id CPNS Kemenkumham Kepri,Kesemaptaan Calon Penjaga, ASN

Kemenkumham gandeng Polda Kepri tes kesamaptaan

Puluhan CPNS Kanwil Kemenkumham Kepri mengikuti tes kesamaptaan di Lapangan Satya Haprabu Polda Kepri, Batam, Minggu (10/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Kanwil Kemenkumham Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Riau (Kepri) menggandeng Kepolisian Daerah Kepri  melakukan tes seleksi kompetensi bidang kesamaptaan bagi puluhan calon aparatur sipil negara (CASN) penjaga tahanan.

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, Achmad Fahrurazi, mengapresiasi Polda Kepri yang secara khusus menjadi tim pelaksana kegiatan seleksi kesamaptaan CASN 2023.

"Proses seleksi yang transparan dan profesional diharapkan dapat menghasilkan aparatur sipil negara (ASN) yang kompeten dan berkualitas untuk mendukung kinerja instansi pemerintah di Kepri," katanya saat menyaksikan tes kesamaptaan CASN Kemenkumham di Lapangan Satya Haprabu Polda Kepri, Batam, Minggu.

Ia menyebut seleksi ini diikuti sebanyak 58 orang peserta, terdiri dari 52 laki dan enam perempuan. Proses seleksi berlangsung dengan baik dan tertib.

Menurutnya hasil seleksi ini akan menjadi pertimbangan utama dalam penentuan calon pegawai yang memenuhi kriteria kesamaptaan untuk diterima sebagai penjaga tahanan di lingkungan Kemenkumham Kepri.

Ada beberapa tahapan pada seleksi ini mulai dari lari, push-up, sit-up, pull-up, chinning, dan lari angka delapan.

"Ini bertujuan untuk memastikan bahwa CASN yang diterima memiliki kualitas dan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan, khususnya di lingkungan Kemenkumham Kepri," ujarnya.

Ia turut menegaskan bahwa seluruh rangkaian seleksi CASN Kemenkumham Kepri mulai dari SKD, SKB, wawancara hingga lulus CASN tak ada pungutan biaya serta tak ada yang menjamin kelulusan para peserta.

Baca juga: Pegawai Lapas Perempuan Mataram gelar pembinaan fisik
Baca juga: Pegawai Lapas Perempuan tertangkap diduga selundupkan sabu


"Jangan percaya rayuan atau ajakan oknum-oknum yang mengaku pegawai Kemenkumham Kepri atau pusat yang menyatakan bisa meluluskan adik-adik semua. Percayalah pada kemampuan diri sendiri," kata Fahrurazi di depan peserta tes kesamaptaan.