Bawaslu Sumut tingkatkan masyarakat dan media awasi Pemilu 2024

id Bawaslu Sumut, Pengawasan Masyarakat, Pemilu 2024

Bawaslu Sumut tingkatkan masyarakat dan media awasi Pemilu 2024

Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatra Utara terus berupaya meningkatkan peran seluruh elemen masyarakat dalam partisipasi dan pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk media.

"Kami terus peran meningkatkan partisipasi dan pengawasan aktif dari masyarakat dan media dalam pengawasan pemilu dengan sosialisasi, pelatihan dan lainnya," ujar Koordinator Data, Informasi dan Humas, Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, di Medan, Minggu.

Sepanjang masa kampanye, kata dia, Bawaslu Sumut sudah melakukan bermacam kegiatan guna mengoptimalkan pengawasan terhadap pesta demokrasi tersebut.

"Kami menggandeng seluruh elemen masyarakat agar pengawasan terhadap pemilihan umum tahun 2024 semakin optimal," kata dia.

Saut menjelaskan, pihaknya juga mengajak media massa yang bertugas melakukan peliputan di wilayah setempat agar berperan serta dalam ikut mengawasi tahapan Pemilihan Umum 2024.

Menurutnya, peran media maupun jurnalis dalam menyosialisasikan tentang pengawasan dalam pemilu sangatlah dibutuhkan, guna membangkitkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya suatu pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dalam pengawasan Pemilu tentu Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak seperti jurnalis, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan," katanya.

Baca juga: Semarang awasi 533 kegiatan kampanye Pemilu 2024
Baca juga: Capres Ganjar tunggu tindakan Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran Gus Miftah


Dia berharap melalui peran media massa akan mampu mendorong bangkitnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengawasan dalam pemilu.

"Kolaborasi antar-seluruh elemen masyarakat sangat mempermudah kinerja Bawaslu Sumut untuk melakukan pengawasan pada Pemilu 2024, termasuk dengan jurnalis," ujarnya.