Red Bull pesaing berat Russell musim 2024

id george russell,lewis hamilton,mercedes,red bull,f1 2024,gp bahrain,gp bahrain 2024

Red Bull pesaing berat Russell musim 2024

Foto arsip - Pembalap Mercedes George Russell saat memenangi Grand Prix Brazil di sirkuit Interlagos, Sao Paulo, November 2022. (AFP/NELSON ALMEIDA)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap George Russell mengakui Red Bull masih menjadi pesaing terberat pada Formula 1 musim 2024, terlepas dari peningkatan yang telah dilakukan Mercedes pada mobil W15.

“Red Bull berada dalam momentum yang luar biasa saat ini. Mereka memulai peraturan (ground effect) baru ini dengan langkah maju dan mereka datang ke sini dan menjadi solid sejak saat itu. Jadi, seperti yang saya katakan, mereka pastinya menjadi favorit (pada musim ini),” kata Russell, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

“Mereka jelas selangkah lebih maju dibandingkan semua orang di (tes pramusim) Bahrain. (Red Bull) adalah tim dan tim yang mengesankan dan kami perlu melihat di mana posisi kami di balapan mendatang,” ujarnya menambahkan.
 

Mengenai jalannya uji coba pramusim beberapa waktu lalu di Bahrain, Russell menilai Mercedes W15 memiliki platform yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Selain itu, mobil tersebut juga ia nilai nyaman untuk dikendarai.

“Senang sekali mengendarai W15, dan rasanya ini merupakan langkah ke arah yang tepat. Tapi, tidak dapat disembunyikan bahwa pesaing kami juga telah melakukan pekerjaan yang sangat baik,” kata Russell.

Pembalap asal Inggris itu mengakui bahwa Mercedes masih harus mengejar ketertinggalan mereka dalam hal pengembangan mobil, jika dibandingkan dengan Red Bull yang begitu mendominasi pada musim lalu.

“Kami tahu kami masih harus ‘mendaki gunung’ dengan performa yang ditunjukkan Red Bull tahun lalu. Bagi siapa pun untuk mengatasi kesenjangan itu akan menjadi ujian besar, tapi yang pasti mobil ini terasa nyaman untuk dikendarai,” ujar Russell.

Menurut Russell, peningkatan performa W15 yang ditunjukkan saat tes pramusim di Bahrain menjadi sangat penting, mengingat W14 yang ia nilai begitu menantang untuk dikendarai dan memengaruhi kepercayaan dirinya sebagai seorang pembalap di balik kemudi.
 

“Mobil tahun lalu sangat menantang untuk dikendarai. Lewis (Hamilton) dan saya tidak percaya diri,” ungkap Russell.

“Kami merasa telah membuat langkah yang sangat bagus dalam hal konsistensi mobil. Kami benar-benar dapat mengandalkannya dengan lebih baik daripada sebelumnya dan ini adalah fokus besar sepanjang tahun lalu dengan W14, yang telah diperbaiki dengan sangat baik oleh tim,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Russell, Hamilton, dan pembalap-pembalap lainnya tengah bersiap untuk membuka musim 2024 dengan Grand Prix Bahrain yang digelar pada akhir pekan ini, 29 Februari hingga 2 Maret.
 

Baca juga: Pembalap Acosta nantikan debut dengan motor terbaru Red Bull GASGAS Tech3