Girona vs Osasuna 2-0, Girona naik posisi ke 2 klasemen Liga Spanyol

id liga spanyol,girona,osasuna,atletico madrid,Girona vs Osasuna,Girona liga spanyol,Klasemen liga sanyol

Girona vs Osasuna 2-0, Girona naik posisi ke 2 klasemen Liga Spanyol

Penyerang Girona Cristian Portugues (kanan) mencetak gol pembukaan ke gawang Osasuna pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Montilivi, Girona, Sabtu (9/3/2024). (ANTARA/AFP/JOSEP LAGO)

Jakarta (ANTARA) - Girona kembali ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Spanyol, setelah memukul tamunya Osasuna di Estadi Montilivi, Girona, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Gol pertama tercipta dalam 15 menit pembukaan dari Cristian Portugues, dan gol larut Savinho memastikan Girona melompati Barcelona untuk merebut kembali posisinya di urutan kedua.

 

 

Girona mendominasi pada fase awal saat menghadapi lawannya yang menghuni posisi kesepuluh, dan membuka keunggulan pada menit ke-13. Operan cerdik dari Viktor Tsygankov membuat Portugues berada dalam posisi bebas di kotak penalti, dan penyelesaian pemain Spanyol itu membuka keunggulan tuan rumah.

 

Tsygankov hampir mengukir assist keduanya tiga menit setelah turun minum, namun kali ini kompatriotnya Artem Dovbyk tidak mampu menuntaskan serangan.

 

Daley Blind hampir menggandakan keunggulan Girona pada menit ke-60, namun sepakannya dapat diblok pertahanan Osasuna.

 

Savinho lantas mencetak gol pada menit ke-85, namun golnya tidak disahkan karena pelanggaran yang dilakukan rekan setimnya. Namun kekecewaannya hanya berlangsung singkat, ketika pemain Brazil itu kembali menyarangkan gol dua menit kemudian, dan kali ini golnya disahkan.

 

Miguel Gutierrez memberi umpan kepada Aleix Garcia, yang operan tumitnya disambar sempurna oleh Savinho dengan sepakan kaki kiri untuk mengamankan kemenangan Girona.

 

 

 

Pada pertandingan lainnya, Atletico Madrid dikejutkan oleh tim papan bawah Cadiz ketika pasukan Diego Simeone takluk 0-2 oleh tuan rumah.

 

Satu gol dari masing-masing babak dari pemain pinjaman Juanmi mengamankan tiga poin untuk Cadiz yang menghuni posisi ke-18, dan memaksa Atletico menelan kekalahan ketujuhnya musim ini.

 

 

“Tim memulai dengan baik, dengan antusiasme dan hasrat untuk melakukan hal-hal bagus, namun pada situasi berbahaya pertama, Cadiz mencetak gol dan permainan yang berbeda tersaji,” kata pelatih Atletico Simeone seperti dikutip AFP.

 

Penyerang internasional Spanyol Juanmi tidak terkawal di kotak penalti untuk menanduk bola pada menit ke-24, sebelum ia mengamankan kemenangan dengan sepakan volinya pada menit ke-60.

 

Hasil itu membawa Cadiz semakin dekat dengan zona aman ketika mereka untuk sementara naik ke posisi ke-17, sedangkan Atletico tertahan di posisi keempat.

 

Real Sociedad memerlukan gol-gol larut dari Robin Le Normand dan Andre Silva untuk bangkit dari ketinggalan, dan menang 3-2 di kandang Granada.

 

 

Myrto Uzuni dua kali membawa tuan rumah memimpin pada babak pertama, untuk membatalkan gol penyama kedudukan Sadiq Umar pada menit ke-30. Namun Le Normand mencetak gol penyama kedudukan sepuluh menit sebelum waktu normal habis, dan Silva mengemas gol penentu kemenangan untuk tim Basque tersebut.

 

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Valencia naik ke posisi kedelapan berkat kemenangan 1-0 di markas Getafe. Gol semata wayang dibukukan oleh Hugo Duro lima menit sebelum turun minum.

 

 

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol terbaru, Real Madrid dingin di puncak