BPS beri pembinaan statistik sektoral di Lombok Utara

id Data satu,BPS ,Lombok Utara ,NTB,statistik sektoral ,pembinaan

BPS beri pembinaan statistik sektoral di Lombok Utara

Para peserta kegiatan pembinaan statistik sektoral yang digelar BPS Lombok Utara, Provinsi NTB kepada para ASN di daerah setempat, Jumat 15/03/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara)

Tujuan kegiatan ini untuk mengevaluasi pentingnya data statistik dalam kehidupan sehari-hari

Mataram (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan kegiatan pembinaan dan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral kepada pemerintah daerah setempat untuk mewujudkan penyelenggaraan satu data Indonesia

"Tujuan kegiatan ini untuk mengevaluasi pentingnya data statistik dalam kehidupan sehari-hari, sebagai sumber penyajian data yang akurat," kata Kepala BPS Kabupaten Lombok Utara, Isa dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan pembinaan statistik sektoral sangat penting dalam kedinasan atau pemerintahan, karena data statistik sangat penting bagi yang membutuhkan untuk menyusun program kerja. Oleh karena itu, pihaknya melakukan pembinaan statistik ini tentu berdasarkan peraturan BPS nomor 5 tahun 2020 tentang petunjuk teknis data statistik.

"Selain BPS, Kominfo memiliki peran penting dalam pengumpulan data statistik. Ketentuan mengenai Interoperabilitas data diatur dengan peraturan menteri komunikasi dan informatika," katanya.

Baca juga: Bupati Lombok Utara mengawali pelaksanaan SP 2020

Sementara itu, Asisten II Setda Lombok Utara Ir. Hermanto menyampaikan apresiasi kepada BPS yang sudah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis hal-hal peningkatan kualitas statistik sektoral yang begitu penting diselenggarakan, sehingga melibatkan semua OPD atau pihak terkait.

"Kegiatan ini sangat penting sekali dengan terlibat semua pihak, BPS tidak bekerja sendiri tentu, hampir semua data-data yang di olah BPS bersumber dari kita semua karena data yang real tentu sumber dari BPS," katanya.

Ia berharap kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga bisa mendukung program pemerintah dalam mewujudkan satu data.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk mewujudkan data yang akurat," katanya.

Baca juga: Lombok Utara gelar rapat koordinasi disagregasi PMTB