Komisi II DPR melanjutkan rapat evaluasi total pemilu

id Komisi II DPR,Pemilu 2024,Penyelenggara pemilu

Komisi II DPR melanjutkan rapat evaluasi total pemilu

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat memimpin jalannya rapat kerja bersama pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/3/2024). ANTARA/Melalusa Susthira K

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya akan melanjutkan rapat kerja dengan penyelenggara pemilu pada Senin (1/4) pekan depan untuk mengevaluasi secara total pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Hal itu disampaikan-nya usai rapat kerja (raker) Komisi II DPR bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), serta Kementerian Dalam Negeri dengan agenda pembahasan untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Mungkin nanti kita hari Senin depan, bisa jadi pagi, siang, sampai malam, atau mau dua hari silakan saja. Intinya adalah kita ingin mengevaluasi secara total," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.
 
Doli menyebut pihaknya memutuskan untuk melanjutkan rapat pada pekan depan sebab evaluasi pemilu membutuhkan waktu yang cukup panjang, sementara Komisi II DPR harus melanjutkan rapat dengan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
 
"Kalau kita lihat presentasi masing-masing, dari KPU, kemudian dari pemerintah, kemudian dari Bawaslu, termasuk DKPP itu laporannya panjang-panjang semua. Nah, pasti saya yakin teman-teman Komisi II juga punya tanggapan, respons, pertanyaan-pertanyaan juga panjang-panjang," ujarnya.
 
Dia menilai bahwa tahapan Pemilu 2024 yang telah membuahkan penetapan hasil tingkat nasional pada hari Rabu (20/3) berjalan baik dan sukses, yang ditandai pula dengan meningkatnya tingkat partisipasi pemilih.
 
"Bahwa kemudian masih ada di sana-sini kelemahan dan segala macam ya ini yang mau kita evaluasi sehingga nanti pada pelaksanaan pemilu berikutnya kita tahu mana titik-titik lemah dan apa yang kita harus sempurnakan. Itu yang nanti mau kita elaborasi minggu depan," tuturnya.
 
Sebelumnya saat rapat berlangsung, Doli yang memimpin jalannya rapat memutuskan untuk menskors rapat kerja dengan penyelenggara pemilu dan pemerintah menjadi Senin (1/4) pekan depan.

Baca juga: KPU menyiapkan strategi menghadapi MK
Baca juga: Bawaslu NTB evaluasi penyelenggara adhoc Pemilu 2024
 
"Karena Ini masalahnya tidak sederhana jadi kita cari waktu nanti yang panjang, sementara ini waktu yang tersedia Senin depan. Jadi saya minta persetujuan sampai Senin depan," kata Doli sesaat sebelum mengakhiri rapat.
 
Raker Komisi II DPR RI digelar bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), serta Kementerian Dalam Negeri dengan agenda pembahasan untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Dalam rapat tersebut, turut hadir Ketua KPU RI Hasyim Asyari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, dan Ketua DKPP RI Heddy Lugito.