Polda NTB mengungkap kasus kejahatan jalanan selama Ramadhan

id kejahatan jalanan, stabilitas keamanan, keamanan jelang lebaran, polda ntb

Polda NTB mengungkap kasus kejahatan jalanan selama Ramadhan

Sejumlah tersangka dan barang bukti kasus kejahatan jalanan dihadirkan dalam konferensi pers di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Mataram, NTB, Rabu (3/4/2024). (ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama/sgd/Spt)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengungkap kasus kejahatan jalanan selama Ramadhan 1445 Hijriah dengan menetapkan 19 tersangka.

Kapolda NTB Irjen Pol. Raden Umar Faroq dalam konferensi pers di Mataram, Rabu, mengatakan peran 19 tersangka ini terungkap dari penanganan 11 kasus kejahatan jalanan.

"Jadi, dari 19 tersangka yang kami tetapkan, dihadirkan hanya 17 orang saja, karena dua tersangka lainnya sudah kami limpahkan ke jaksa menyusul berkas perkara telah dinyatakan lengkap," kata Irjen Pol. Umar Faroq.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda NTB Kombes Pol. Syarif Hidayat turut menjelaskan bahwa pengungkapan kasus kejahatan jalanan ini merupakan bagian dari komitmen Polda NTB dalam menjaga stabilitas keamanan masyarakat selama Ramadhan 1445 H.

Untuk 11 kasus kejahatan jalanan itu terdiri dari tujuh kasus pencurian kendaraan, satu kasus pencurian dengan kekerasan atau jambret, satu kasus pencurian dengan pemberatan dengan sasaran rumah kosong, satu kasus pemerasan dan pengancaman, dan satu kasus pemalsuan dokumen.

"Tersangka paling banyak itu dari kasus pencurian kendaraan dengan jumlah 14 orang," ujarnya.

Peran dari 14 tersangka pencurian kendaraan berbeda-beda. Syarif menjelaskan ada yang berperan sebagai pemetik di lapangan, dan penadah barang hasil curian.

Baca juga: Polda NTB musnahkan 6,9 kilogram ganja dan ratusan butir ekstasi
Baca juga: Polda NTB dirikan 35 posko pengamanan libur Idul Fitri 1445 H


Lebih lanjut, Syarif menegaskan bahwa giat penindakan terhadap aksi kejahatan jalanan akan terus berlanjut.

"Demi menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat, apalagi ini menjelang lebaran Idul Fitri, giat lapangan melalui patroli dan pencarian para pelaku kejahatan jalanan akan terus kami gencarkan," ucap Syarif.