Sebanyak 126.414 wisatawan berkunjung ke Banyuwangi selama libur Lebaran

id Pemkab Banyuwangi,destinasi wisata banyuwangi,kunjungan wisata,libur Lebaran 2024,wisata banyuwangi

Sebanyak 126.414 wisatawan berkunjung ke Banyuwangi selama libur Lebaran

Atraksi seni Sendratari di Taman Gandrung Terakota lereng Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, saat libur Lebaran 2024. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Terima kasih untuk semua wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Banyuwang
Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mencatat wisatawan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata selama libur Hari Raya Raya Idul Fitri 1445 Hijriah periode 5-15 April 2024 mencapai 126.414 orang.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan tujuan wisata di kabupaten ujung Timur Pulau Jawa itu masih menjadi pilihan favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan Lebaran.

Ia pun bersyukur meski terjadi lonjakan wisatawan di semua destinasi suasana liburan tetap kondusif dan aman.

"Terima kasih untuk semua wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Banyuwangi. Semoga bisa menjadi pengalaman berlibur yang berkesan, dan kami tunggu kedatangannya kembali," ujarnya di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Program Sekardadu Banyuwangi untuk pengembangan sektor pariwisata

Sebelum libur Lebaran, ia telah mengimbau semua pengelola tempat wisata untuk bersiap menyambut datangnya wisatawan.

"Terima kasih ke semua pengelola destinasi wisata, UMKM dan juga homestay yang telah melayani wisatawan dengan baik," katanya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Taufiq Rahman menjelaskan wisatawan mulai ramai mengunjungi berbagai destinasi wisata pada hari kedua Lebaran, tepatnya 11 April 2024.

Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi saat Libur Natal 2023 meningkat

Jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata terus meningkat pada hari berikutnya hingga puncaknya, pada Minggu 14 April 2024.

"Pengunjung wisata datang dari berbagai kota, sekaligus ada yang mufik. Turis asing juga tercatat ada 180 wisatawan," kata Taufiq.

Data diperoleh, destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Banyuwangi adalah Pantai Marina Boom yakni sebanyak 37.878 orang, selanjutnya Pantai Pulau Merah 15.491 orang pengunjung, dan ketiga wisata Hutan de Djawatan dikunjungi 10.223 wisatawan.

Destinasi wisata lainnya, Pantai Grand Watudodol, Pemandian alami Jopuro, Pemandian Tamansuruh, Pantai Blimbingsari, Sendang Seruni, Air terjun Telunjuk Raung Mangaran, dan lainnya juga mengalami lonjakan pengunjung.

Selain itu, Banyuwangi juga menggelar beragam atraksi seni dan budaya selama libur Lebaran, mulai Seblang Olehsari, Sendartari Meras Gandrung, hingga Barong Ider Bumi. Atraksi itulah yang menjadi daya tarik Banyuwangi untuk dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Banyuwangi kembangkan wisata sejarah Asrama Inggrisan