Petugas kebersihan malam di Mataram diturunkan tangani sampah PKL

id petugas sampah malam,sampah,PKL

Petugas kebersihan malam di Mataram diturunkan tangani sampah PKL

Aktivitas kendaraan roda tiga di Kelurahan Monjok Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menurunkan petugas kebersihan malam khusus untuk menangani sampah dari pedagang kaki lima (PKL) yang beraktivitas setiap malam di kota ini.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Vidi Partisan Yuris Gamanjaya di Mataram, Jumat, mengatakan, petugas kebersihan yang disiagakan ini sebanyak 10 orang dengan menggunakan kendaraan roda tiga.

"Untuk petugas malam ini kita siagakan 10 orang, masing-masing membawa satu kendaraan roda tiga dan mereka kita sebar di enam kecamatan se-Kota Mataram," katanya.

Para petugas kebersihan ini, menurutnya, bertugas mulai sekitar pukul 22.00 Wita untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan PKL setelah selesai berjualan.

Baca juga: DLH Mataram akan menarik retribusi sampah PKL

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi timbunan sampah di pagi hari, selain itu kawasan lapak PKL lebih cepat bersih dan suasana kota bisa lebih nyaman.

Vidi mengatakan, layanan petugas kebersihan malam ini baru dimulai beberapa bulan terakhir, setelah pengadaan 10 unit kendaraan roda tiga yang dinilai mendesak untuk penanganan sampah PKL pada malam.

"Setiap malam, volume sampah dari PKL bisa mencapai 2-3 ton," katanya.

Baca juga: Pekan depan retribusi sampah PKL di Kota Mataram mulai ditarik

Sementara menyinggung tentang penarikan retribusi, Vidi mengatakan, sejauh ini layanan penanganan sampah PKL masih gratis sebab peraturan daerah (perda) yang mengatur retribusi sampah PKL sebesar Rp5.000 belum ditetapkan.

"Jadi selama ini penanganan sampah PKL masih kita layani secara gratis," katanya.

Sebagai ibu kota provinsi, Kota Mataram memiliki daya tarik tersendiri sehingga setiap sudut di kota ini terhadap lapak PKL kuliner terutama pada malam hari.

Beberapa titik tersebut antara lain, taman-taman kota seperti Taman Sangkareang, Taman Udayana, kawasan Rembiga, Airlangga, dan kawasan Cakranegara.