Shalat Idul Adha di Mataram dipusatkan di area parkir Epicentrum Mall

id shalat idul adha,pemkot mataram,area parkir Epicentrum Mall

Shalat Idul Adha di Mataram dipusatkan di area parkir Epicentrum Mall

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Amir Wisuda. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah/2024 di halaman parkir timur Lombok Epicentrum Mall pada Senin (17/6).

Kegiatan shalat Idul Adha tingkat Pemerintah Kota Mataram itu akan diimami oleh Ustaz Ahyar Muksin sedangkan khatib Prof DR TGH Fahrurrozi Dahlan yang merupakan Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Amir Wisuda di Mataram, Selasa.

Amir yang ditemui usai mengikuti rapat persiapan shalat Idul Adha bersama pihak Lombok Epicentrum Mall serta pihak terkait lainnya, mengatakan, kegiatan shalat Idul Adha akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana bersama keluarga, Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman bersama keluarga, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berserta keluarga, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta masyarakat umum.

Dalam undangan terbuka kegiatan shalat Idul Adha itu dijadwalkan pukul 06.30 Wita tapi kemungkinan, katanya, dimulai sekitar pukul 07.00 Wita.

Baca juga: Puluhan ribu umat Muslim di Kota Mataram Shalat Idul Adha 1444 Hijriah

Setelah shalat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis ke masyarakat dari Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana ke Pengurus Hari Besar Islam ((PHBI) BTN Taman.

"Usai penyerahan hewan kurban secara simbolis, rangkaian Idul Adha tingkat Kota Mataram selesai," katanya.

Dengan demikian, tidak ada lagi kegiatan tambahan pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban di halaman kantor wali kota seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Ribuan jemaah Muhammadiyah memadati lokasi salat Idul Adha di NTB

Pasalnya, pemotongan hewan kurban akan dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) Majeluk. Sementara pendistribusian daging kurban diberikan dengan mekanisme kupon.

"Kupon daging kurban akan kita berikan ke masyarakat atau lembaga sosial yang sudah mengajukan permohonan atau proposal," katanya.

Begitu juga dengan pendistribusian hewan kurban yang masih hidup diberikan ke masyarakat atau lembaga sosial yang sudah mengajukan sesuai dengan kebijakan kepala daerah.

Jumlah hewan kurban yang berhasil dihimpun sementara oleh Pemerintah Kota Mataram saat ini sebanyak 84 ekor, terdiri atas 20 ekor sapi dan 64 ekor kambing yang berasal dari OPD se-Kota Mataram.

"Jumlah itu kita prediksi masih bisa bertambah, dari pihak-pihak swasta lainnya di kota ini," katanya.

Baca juga: Mataram mengizinkan warga shalat Idul Adha di lapangan terbuka