Pemprov-pemda di NTB bangun komitmen untuk Indonesia Emas 2045

id NTB,Pemprov NTB,Indonesia Emas 2045,Pj Sekda NTB Ibnu Salim

Pemprov-pemda di NTB bangun komitmen untuk Indonesia Emas 2045

Penjabat Sekretaris Daerah NTB Ibnu Salim. (ANTARA/HO-Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membangun komitmen bersama pemerintah seluruh kabupaten/kota di wilayah itu agar selaras dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

"Komitmen ini agar kita bersatu padu mewujudkan kebijakan pembangunan nasional," kata Penjabat Sekretaris Daerah NTB Ibnu Salim melalui keterangan tertulis di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan kebijakan nasional tersebut harus diimplementasikan bersama-sama dengan kabupaten/kota agar indikator pembangunan terpenuhi.

"Untuk itu, teknis strategis dalam tahapan penyusunan RPJMD penting dilakukan," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB Iswandi mengatakan kebijakan 20 tahun ini selain bersifat wajib menghasilkan periode penyelenggaraan pemerintahan dan dokumen perencanaan yang sama, sejalan dengan pilkada serentak.

"Ada empat visi utama, yaitu sumber daya manusia unggul, demokrasi yang matang, pemerintahan yang baik, dan keadilan sosial," ujarnya.

Dia mengatakan ada 45 indikator pembangunan untuk NTB selain statusnya sebagai destinasi wisata super prioritas yang harus selaras dengan perencanaan pembangunan kabupaten/kota.