Farrel Armandio Tangkas dulang emas ASEAN University Games

id 21th ASEAN University Games 2024,Akuatik Indonesia,PB Akuatik Indonesia

Farrel Armandio Tangkas dulang emas ASEAN University Games

Atlet renang Indonesia Farrel Armandio Tangkas memamerkan medali emas yang diperoleh dari nomor 200m gaya punggung ajang 21th ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/06/2024). (ANTARA/HO-Akuatik Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Perenang Indonesia, Farrel Armandio Tangkas mendulang emas di 21th ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang. Farrel tampil tercepat di nomor 200 m gaya punggung usai membukukan catatan waktu 2 menit 1,7 detik disusul perenang Thailand Kanteemool Tonnam (Thailand) dengan catatan waktu 2 menit 5,95 detik dan perenang Malaysia Hii Puong Wei dengan waktu 2 menit 7,46 detik.

“Saya tidak menyangka sebenarnya bisa mendapat medali emas di hari pertama ini. Soalnya saya baru dua hari yang lalu pulang ke Indonesia setelah TC di Amerika. Jadi masih jetlag karena perbedaan waktunya 11 jam, sehingga kalau mengikuti waktu di Amerika, perlombaan sekarang ini masih jam tidur di sana,” kata Farrel dalam keterangan resmi, Rabu.

Kontingen Merah Putih kini total mendulang 5 emas, 1 perak, dan 2 perunggu pada hari pertama multievent olahraga mahasiswa regional Asia Tenggara.

Farrel yang baru kembali tanah air usai menjalani training camp (TC) selama 2 bulan di Amerika Serikat dan masih mengalami jetlag saat tampil. Ia mengatakan belajar banyak dari kondisi jetlag yang dihadapinya. Terutama beradaptasi dengan waktu dan cuaca jelang perlombaan. Farrel mengatakan ia berusaha kuat melawan rasa kantuknya tersebut.

“Jujur ini baru pertama menghadapi jetlag di perlombaan. Kunciku tetap berpikir positif dan memaksakan engak tidur meski ngantuk di siang hari. Tapi medali emas ini berarti untuk aku karena menjadi penyemangat untuk beberapa pertandingan ke depan,” kata Farrel.

Selain Farrel, ada lima atlet renang Kontingen Indonesia lainnya yang juga baru kembali dari Amerika dan mampu meraih medali. Adalah Angel Gabriella Yus yang mampu mendapatkan medali perak usai turun di nomor 200m gaya punggung putri. Sebagai informasi, hanya Farrel dan Angel yang baru kembali dari AS dan turun di hari pertama AUG 2024.

Angel membukukan 2 menit 21,35 detik. Ia kalah rekan sesama Kontingen Indonesia, yaitu Flairene Candrea Wonomiharjo yang mencatatkan 2 menit 20,85 detik. Sementara medali perunggu didapatkan Denphaetcharangkul Worranat dengan 2 menit 32,60 detik.

Baca juga: Atlet renang Siobhan Haughey persembahkan emas untuk Hong Kong
Baca juga: Kejuaraan 5th IOAC 2023 menjadi ajang kualifikasi PON 2024


Flairene sendiri mengaku puas dengan prestasinya. Sebab, emas tersebut didapat dalam periodesasi latihan pra-pertandingan.

“Sebenarnya belum dalam peak perfomance, tetapi pelatih gym aku juga enggak stop ngasih program latihan 3x seminggu. Jadi sesungguhnya aku di AUG ini enggak berekspetasi lebih karena kondisi enggak se-fit biasanya," kata Flairene.

"Targetku itu lebih ke menguji mental, percaya diri dan jangan meragukan diri sendiri. Puji Tuhan aku bisa membukukan waktu sebagaimana best time aku dan mendapatkan emas ini,” imbuh Flairene.

Hasil Cabor Renang di AUG 2024

Emas
1. Swimming-Women’s 400 m Freestyle a.n. Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi
2. Swimming-Men’s 50 m Breaststroke a.n. Andi Muhammad Nurrizka Febrianto
3. Swimming-Women’s 200 m Backstroke a.n. Flairene Candrea Wonomiharjo
4. Swimming-Men’s 200 m Backstroke a.n. Farrel Armandio Tangkas
5. Swimming-Women’s 4x200 m Freestyle Relay a.n. Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi, dkk

Perak
1. Swimming-Women’s 200 m Backstroke a.n. Angel Gabriella Yus

Perunggu
1. Swimming-Women’s 400 m Freestyle a.n. Serena Karlita Muslim (Bronze)
2. Swimming-Women’s 50m breaststroke a.n Nurita Monica Sari