Pembalap Rins jalani pemeriksaan medis di Madrid usai terjatuh

id Alex Rins,MotoGP 2024,MotoGP Belanda 2024

Pembalap Rins jalani pemeriksaan medis di Madrid usai terjatuh

Alex Rins saat melakoni sesi uji coba di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/HO/MotoGP)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins menjalani pemeriksaan medis di Madrid, Spanyol usai terjatuh di ajang MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu malam WIB.

Rins mengalami kecelakaan saat memasuki tikungan 1 pada lap pembuka dan dipastikan tidak dapat melanjutkan pertandingan usai dibawa menuju ruang medis untuk pemeriksaan.

Dilansir dari laman MotoGP, Senin, pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut kini tengah menderita patah kaki kanan dan mengalami luka memar pada pergelangan tangan kanannya.

“Saya mengalami kecelakaan yang sangat keras di awal balapan. Saya sudah dalam perjalanan ke Madrid, di mana saya akan menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut untuk mengetahui seberapa parah cedera di pergelangan tangan kanan dan kaki kanan saya. Saya berharap dapat segera mendapatkan informasi terkini,” kata Rins dikutip dari laman MotoGP.

Dengan kondisi saat ini yang harus melalui tindakan medis lebih lanjut di Madrid, maka Rins belum dapat dipastikan akan turun di gelaran GP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachering pada akhir pekan depan.

“Alex sangat tidak beruntung mengalami kecelakaan besar di tikungan pertama, terutama setelah start yang lumayan. Ini tidak setimpal," kata Manager Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli.

Baca juga: Pembalap Marc Marquez terkena penalti 16 detik
Baca juga: Pembalap Bagnaia tercepat tampil dominan di sprint race MotoGP Belanda


"Ia menderita cedera pada tangan dan kaki kanannya, serta akan kembali ke Madrid untuk berkonsultasi dengan dokternya. Kami beruntung cederanya tidak parah, tetapi ia kemungkinan masih perlu menjalani operasi. Kami akan merilis informasi terkini lebih lanjut segera setelah kami mendapatkan informasi lebih lanjut,” imbuh Massimo Meregalli.

Di balapan GP Belanda, Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco "Pecco" Bagnaia tampil sempurna dan merebut gelar juara MotoGP Belanda 2024. Pecco mencatatkan kemenangan tiga musim berturut-turut usai menjadi yang tercepat 40 menit 07,214 detik.