BI NTB pertimbangkan salurkan beasiswa untuk PTS

id BI NTB Pertimbangkan

BI NTB sosialisasikan program beasiswa pendidikan di Universitas Islam Negeri Mataram. (Foto Antaranews NTB/ist)

Beasiswa untuk mahasiswa PTS itu juga perlu dukungan anggota Komisi XI DPR daerah pemilihan NTB
Mataram (Antaranews NTB) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat mempertimbangkan penyaluran beasiswa pendidikan kepada mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu yang kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS).

Kepala Perwakilan BI NTB Achris Sarwani, ketika dihubungi di Mataram, Jumat, mengatakan akan berkoordinasi dengan kantor pusat yang lebih berwenang dalam memberikan persetujuan.

"Beasiswa untuk mahasiswa PTS itu juga perlu dukungan anggota Komisi XI DPR daerah pemilihan NTB," kata Achris yang masih berada di Kabupaten Sumbawa, untuk menyosialisasikan peran dan fungsi bank sentral bersama anggota Komisi XI DPR daerah pemilihan NTB H Willgo Zainar.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kantor Perwakilan BI di provinsi lain yang memiliki kondisi sama dengan NTB.

Kantor perwakilan BI NTB menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa sejak 2009. Namun dana pendidikan tersebut hanya menyasar mahasiswa di dua perguruan tinggi negeri (PTN) di NTB, yakni Universitas Mataram (Unram), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Achris menjelaskan program beasiswa pendidikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, untuk mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia di seluruh provinsi.

Khusus di NTB, jumlah mahasiswa penerima beasiswa pendidikan pada 2017 sebanyak 100 orang, terdiri atas 50 mahasiswa Unram, dan 50 mahasiswa UIN Mataram.

"Masing-masing mahasiswa mendapatkan beasiswa sebesar Rp1juta per bulan selama 12 bulan. Nilainya naik dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp750 ribu/mahasiswa/bulan," kata Achris.

Setelah melihat kondisi PTS di Pulau Sumbawa, pihaknya akan mengupayakan penyaluran beasiswa, terutama dengan tujuan keterwakilan wilayah yang tidak memiliki PTN.

Beasiswa perlu diberikan, menurut dia, agar mampu mengurangi beban keluarga mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu, seperti membayar uang semester selama satu tahun.

"Tentu syaratnya mahasiswa yang berhak akan tetap berlaku. Di samping prestasi dan berbagai aktivitas positif dari calon penerima," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar