Sekda berharap lpjk lahirkan tenaga konstruksi bersertifikat

id lpjk daerah ,tenaga konstruksi bersertifikat,tenaga profesional,pemprovntb

Sekda berharap lpjk lahirkan tenaga konstruksi bersertifikat

Logo Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) NTB (ist)

Era sertifikasi menuntut seluruh tenaga profesional termasuk tenaga konstruksi memiliki sertifikat agar mampu bersaing di kancah nasional dan internasional
Mataram  (Antaranews NTB) - Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat H Rosyadi Sayuti berharap Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) pusat dan daerah mengambil peran dalam melahirkan tenaga konstruksi yang andal dan bersertifikat.

"Era sertifikasi menuntut seluruh tenaga profesional termasuk tenaga konstruksi memiliki sertifikat agar mampu bersaing di kancah nasional dan internasional," kata Rosyadi, di Mataram, Kamis.

Menurut Sekda, sertifikasi terhadap tenaga konstruksi mutlak harus dilakukan, karena akan menjadi salah satu acuan untuk mendapatkan pekerjaan, baik di tingkat lokal, nasional maupun luar negeri.

"Saat ini tenaga konstruksi kita belum bisa mendapatkan pekerjaan tanpa sertifikasi, baik di dalam negeri maupun sebagai TKI di luar negeri," jelasnya.

Karenanya, Sekda berharap tenaga konstruksi yang ada di NTB harus menjadi bagian penting dalam proses pembangunan, salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yangerupakan mega proyek di NTB saat ini.

"Tenaga kerja kita harus menjadi bagian dari proyek tersebut, termasuk di KEK Mandalika. Kita berikan pelatihan agar mampu bersaing dengan orang luar bahkan dengan tenaga kerja asing," katanya.

Kendati demikian, Rosyadi menambahkan, komunikasi yang efektif harus terus dibangun antara LPJK NTB dengan semua pihak agar semua potensi yang bisa mengangkat daerah dapat dimanfaatkan dengan maksimal.(*)