Bawaslu NTB Buka Pendaftaran Tambahan Dua Komisioner

id Bawaslu NTB,Pilkada NTB 2018,Komisioner Bawaslu NTB

Bawaslu NTB Buka Pendaftaran Tambahan Dua Komisioner

Tim Pansel Anggota Bawaslu NTB.

Hasil akhir seleksi ini akan diumumkan pada 5 Juni 2018 dan hasilnya langsung kita serahkan ke Bawaslu RI
Mataram (Antaranews NTB) - Badan Pengawas Pemilu kembali membuka pendaftaran perekrutan untuk tambahan dua anggota dari tiga komisioner yang sudah ada di Bawaslu Nusa Tenggara Barat.

Ketua Tim Seleksi Anggota Bawaslu NTB, Safwan di Mataram, mengatakan rekrutmen calon anggota Bawaslu NTB mengacu pada ketentuan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Timsel terdiri atas lima orang dari para akademisi yaitu Safwan SH.M.Hum dari Fakultas Hukum Universitas Mataram, Dr Sri Budi Eko Wardani dari Fisip UI, Dr.HL Parman, Dr. Widodo Dwi Putro, dan Salahuddin dari IAI Bima sudah bekerja sejak 25 April 2018. Untuk tahapan seleksi calon anggota Bawaslu NTB dimulai pada 25 April 2018 hingga 5 Juni 2018.

Persyaratan peserta seleksi berusia minimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak terdaftar sebagai anggota partai politik, tidak pernah terlibat kasus hukum, dan menguasai pengetahuan tentang kepemiluan.

Adapun waktu penerimaan pendaftaran calon komisioner Bawaslu NTB berlangsung sejak 3 Mei sampai 9 Mei 2018. Mereka nantinya akan menempuh sejumlah test, yakni Computer Assisted Tes (CAT), test psikologi, test kesehatan dan test Wawancara.

"Hasil akhir seleksi ini akan diumumkan pada 5 Juni 2018 dan hasilnya langsung kita serahkan ke Bawaslu RI," ucap Safwan.

Sementara itu, Sekretaris Timsel Sri Budi Eko Wardani, mengatakan tahapan seleksi kali ini berbeda dari tahapan sebelumnya. Jika sebelumnya tahapan test CAT, test kesehatan, dan psikologi digabung, maka kali ini di buat dua tahapan. Pertama test CAT dan psikologi, selanjutnya baru dilaksanakan test kesehatan dan test wawancara.

Ia menuturkan, semua calon komisioner Bawaslu NTB yang pernah ikut test beberapa waktu lalu bisa mendaftar. Termasuk berupaya maksimal agar calon perempuan juga mengikuti seleksi tersebut.

"Karena memang dibutuhkan quota 30% perempuan. Kami upayakan agar banyak masyarakat yang mendaftar, meski yang dicari hanya dua orang," tuturnya.

Tidak hanya itu, pihaknya berharap calon peserta test merupakan orang-orang yang punya kapasitas dan kapabilitas. Lantaran kebutuhannya dua orang calon komisioner, pihaknya membutuhkan minimal 16 pendaftar.

Karena itu, bagi masyarakat yang berminat menjadi komisioner Bawaslu NTB bisa mengakses website www.bawaslu.go.id atau menghubungi nomor panitia seleksi di nomor HP 0823 4033 7279.

"Kami optimistis Bawaslu NTB akan dihuni orang-orang profesional dan berintegritas yang memicu pemilu yang berkualitas," tandas Sri Budi Eko Wardani. (*)