Pilgub NTB: Kubu Bang Zul dan Lalu Iqbal saling klaim dukungan Yatofa

id Yatofa Lombok Tengah,Bang Zul,Lalu Muhammad Iqbal,Pilgub NTB

Pilgub NTB: Kubu Bang Zul dan Lalu Iqbal saling klaim dukungan Yatofa

Ilustrasi - Sosialisasi Pilkada Serentak pada 27 November 2024. (ANTARA/HO-KPU)

Mataram (ANTARA) - Suasana politik di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjelang Pilgub NTB 2024, semakin menghangat menyusul pertemuan Lalu Muhammd Iqbal dengan TGH Fadly Fadil Thohir, Pimpinan Yayasan Yatofa.

Pertemuan Calon Gubernur NTB, Lalu Muhammad Iqbal, dengan TGH Fadly Fadil Thohir, menjadi sorotan publik dan memicu berbagai spekulasi.

Pasalnya, Pimpinan Yayasan Yatofa tersebut merupakan kakak dari Suhaili Fadil Thohir, Calon Wakil Gubernur NTB, pasangan Dr H Zulkieflimansyah, selaku Calon Gubernur NTB.

Menanggapi hal itu, Haji Achmad Puaddi Fadhil Thohir atau Tuan Puad, adik kandung Suhaili Fadil Thohir, mengimbau agar seluruh pihak, terutama jamaah Yatofa, menjaga persatuan dan kesatuan di tengah situasi politik yang dinamis.

"Saya berharap kepada kita semua, wabil khusus jamaah Yatofa, untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan," katanya.

Menurutnya, politisasi pertemuan tersebut sangat disayangkan, mengingat TGH Fadly Fadil Thohir adalah sosok tokoh agama sekaligus tokoh masyarakat yang selalu terbuka terhadap siapapun yang datang bersilaturahmi.

Tuan Puad juga menjelaskan bahwa hubungan antara Dr. H. Zulkieflimansyah atau akrab disapa Bang Zul dan TGH Fadly Fadil Thohir, sudah terjalin baik sejak lama.

"Bang Zul termasuk sebagai pembina di dalam pemuda Yatofa," ucapnya. Hal ini menunjukkan bahwa TGH Fadly Fadil Thohir selalu mengedepankan silaturahmi tanpa memandang latar belakang, suku, ras. Bahkan SARA tidak menghambat dalam silaturahim," ucapnya.

Untuk itu, Tuan Puad mengingatkan pesan penting dari TGH Fadly Fadil Thohir, yang selalu menekankan pentingnya persatuan di tengah perbedaan politik.

"Almaghfurllah mewariskan kepada kita semua bahwa boleh beda dalam hal politik tetapi persaudaraan, persatuan dan kesatuan di dalam jamaah tetap utuh," katanya mengutip pesan TGH Fadly Fadil Thohir.

Seperti diketahui, Lalu Muhammad Iqbal melakukan kunjungan silaturahmi ke Yayasan Attohiriyah Alfadhiliyah atau Yatofa di Kabupaten Lombok Tengah, beberapa hari lalu.

Dalam pertemuan tersebut, muncul pernyataan dari kalangan pengurus Yatofa untuk memberikan dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lalu Muhamad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) di Pilgub NTB 2024.

Baca juga: BPS Bali sebut pengeluaran konsumsi LNPRT turun sebab jeda pemilu
Baca juga: KPU gelar rakor dokumen persyaratan calon gubernur jelang Pilkada NTB


Putra TGH Fadly Fadil Thohir sekaligus Pengurus Yatofa, Sofyan Fadly Fadil Thohir menegaskan, dukungan kepada Lalu Muhamad Iqbal merupakan sebuah keputusan final. Sebab, calon yang didukung merupakan putra asli Kabupaten Lombok Tengah.

"Sesuai perintah Abah Fadli di Bodak, pasangan Iqbal-Dinda harus didukung penuh dan diperjuangkan menuju kursi NTB satu," kata Sofyan memberikan penegasan.