Wabup Lombok Utara laksanakan Safari Ramadhan

id safari ramadhan,nuzuluk quran,wabup lombok utara,sarifudin

Wabup Lombok Utara laksanakan Safari Ramadhan

Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH menyampaikan sambutan pada safari ramadhan di Dusun Lenggorong, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.

Wakil bupati dan rombongan berkenan hadir disini, suatu kehormatan bagi masyarakat kami, dan alhamdulillah bisa bertemu dengan wakil bupati ditengah kesibukan beliau sebagai penyelenggara pemerintah daerah mendampingi bupati
Mataram (Antaranews NTB) - Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH melaksanakan Safari Ramadhan pertamanya di Masjid Baitul Ikhlas Dusun Lenggorong, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Rabu menyebutkan rangkaian safari Ramadahan itu diawali dengan berbuka puasa hingga tarawih berjamaah sekaligus mengadakan Nuzulul Quran.

Camat Bayan Musripin SSos mengatakan masyarakat antusias menyambut kehadiran rombongan Tim Safari Ramadhan.

"Wakil bupati dan rombongan berkenan hadir disini, suatu kehormatan bagi masyarakat kami, dan alhamdulillah bisa bertemu dengan wakil bupati ditengah kesibukan beliau sebagai penyelenggara pemerintah daerah mendampingi bupati," ujarnya.

Desa Sambik Elen, kata dia, dahulu merupakan desa transmigrasi kabupaten, sehingga warganya berasal dari berbagai daerah. Yang patut disyukuri mereka hidup dalam kerukunan.

"Dapat kami sampaikan, beberapa aspirasi masyarakat yang menjadi perhatian adalah infrastruktur jalan, seperti yang dilalui rombongan safari, pada wilayah Lenggorong kiranya menjadi prioritas, mungkin untuk kedepannya tahun 2019," katanya.

Dalam pada itu, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH menyampaikan acara safari Ramadhan merupakan momentum yang baik untuk dijadikan ajang silaturrahim dan menyampaikan program pembangunan pada suatu majelis.

Pemerintah daerah memberikan kebijakan dengan prinsip berkeadilan sesuai undang-undang yang berlaku. Prioritas Pemda Kabupaten Lombok Utarapada tiga sektor yaitu kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

"Pada kesempatan safari ramadhan (di tempat berbeda, red), saya bersama bupati menyampaikan program yang kami lakukan, baik itu yang sudah, sedang dan rencana kami selesaikan pada masa yang mendatang," ujarnya.

Karena itu, katanya, aspirasi Bapak/Ibu seperti pengerasan jalan, diupayakan pada anggaran perubahan tahun 2018 atau paling tidak anggaran murni tahun 2019," kata Sarifudiin.

"Bicara program tentu banyak yang sudah kami lakukan seperti pendidikan, diantaranya, bekerja sama dengan Unram mendirikan politeknik vokasi. Kedepannya IPM Kabupaten Lombok Utara bisa mengejar ketertinggalan," ujarnya.

Menurut dia, program lainnya juga kependudukan. Pemda Kabupaten Lombok Utara menjadi percontohan dan mendapat penghargaan terkait layanan publik, khususnya pelayanan pembuatan  akta kelahiran.

"Pada 2018, Pemda KLU rencananya mengajukan pengadaan ambulance, untuk memenuhi kebutuhan desa-desa yang belum mendapatkan ambulance sehingga pelayanan aspek kesehatan bisa merata," katanya.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula penyerahan bantuan sosial dari Pemda KLU oleh wabup kepada pengurus takmir Masjid Baitul Ikhlas Lenggorong. Adapun acara Nuzulul Quran diisi oleh tausiyah Ramadhan oleh Ketua MUI KLU TGH Abdul Karim Abd Ghafur.

Dalam tausiyahnya TGH Abdul Karim Abdul Ghafur menyatakan malam Nuzulul Quran malam turunnya Al quran. Fenomena di Lombok Utara sekarang banyak muncul pondok tahfiz Quran dan ini berarti gelora hafal Quran diminati masyarakat.

Pada akhir uraian hikmah Ramadhan Tuan Guru Karim mengajak seluruh jamaah untuk perbanyak membaca, menghafal Al Quran dan tadabbur maknanya.

"Hafal Quran sesungguhnya mudah. Mulai dengan cara sederhana, sesuaikan tajwid kemudian membaca tiap ayat yang ingin dihafal sebanyak 20 kali, dan mengulangnya," katanya.

Acara Safari Ramadhan juga dihadiri sisten II Setda KLU Ir Hermanto, Kepala BPKAD Drs HR Nurjati, Kepala BKDPSDM Muhammad Najib MPd, Kadis Perhubungan Kelautan dan Perikanan Agus Tisno SE, Kadis Sosial Hadari SSos, Kadis TKPMPTSP Vidi Kusuma SE, Sekdis Kominfo Drs Suryadi MPd, Sekban BPBD Lalu Ahmad Yani SKM, Camat Bayan Musripin SSos, Plt Kades Sambik Elen Nuriadi beserta jamaah sekitar Dusun Lenggorong.(*)