KPU NTB: Hari pertama tak ada paslon gubernur-wagub mendaftar

id NTB,Pilkada 2024,KPU NTB,Pilkada NTB 2024

KPU NTB: Hari pertama tak ada paslon gubernur-wagub mendaftar

Suasana lengang pada hari pertama pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kantor KPU NTB di Mataram, Selasa (27/8/2024). ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa pada hari pertama pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur (wagub) di KPU setempat tidak ada satu pun bakal pasangan calon (paslon) yang datang mendaftar.

Ketua KPU NTB, Muhammad Khuwailid di Mataram, Selasa mengatakan sampai batas akhir pendaftaran hari pertama pada pukul 16.00 Wita tidak ada bakal paslon yang datang ke KPU untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada NTB 2024.

"Belum ada pimpinan parpol atau gabungan parpol yang mendaftarkan calonnya pada hari ini. Jadi pada pukul 16.00 Wita hari ini pendaftaran kami tutup dan kami akan buka lagi pendaftaran pada hari kedua (Rabu) besok mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 Wita," ujarnya.

Sedangkan untuk jadwal pendaftaran pada hari ketiga atau Kamis (29/8), kata dia, KPU NTB membuka pendaftaran mulai pukul 08.00 sampai pukul 23.59 Wita.

Khuwailid, menyatakan meskipun pada hari pertama tidak ada satu pun pasangan calon yang mendaftar, namun sampai saat ini sudah ada tiga gabungan partai politik yang meminta dibukakan akun Silon, yakni pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Zulkieflimansyah-Suhaili FT, selanjutnya pasangan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin dan pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri.

"Jadi sampai hari ini ada tiga gabungan parpol yang meminta dibukakan akun Silon," katanya.

Sebelumnya Komisioner KPU NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman, mengatakan pihaknya sudah menerima permohonan pendaftaran tiga pasangan calon yaitu pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili FT (Zul-Uhel) yang akan mendaftar pada hari Rabu (28/8) pukul 13.30 Wita.

Baca juga: Lombok Utara terima penghargaan dari Kemenkumham
Baca juga: Jelang MotoGP, Akademisi minta pemda tak lepas tangan soal hosting fee Rp231 miliar


Dilanjutkan pada di hari yang sama pasangan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin (Rohmi-Firin) pada pukul 14.30 Wita dan pasangan Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) akan mendaftar pada hari terakhir atau Kamis (29/8).

"Ketiga pasangan calon sudah mengkonfirmasi datang mendaftar ke KPU," katanya.