Aceh borong emas dan perak sekaligus dari sabel individu putri

id pon,pon xxi,pon 2024,pon aceh sumut,anggar

Aceh borong emas dan perak sekaligus dari sabel individu putri

Atlet anggar Jawa Tengah Viston Bastian Kusuma Negara (kiri) bertanding dengan atlet Riau Muhammad Fajri pada final anggar kelas degen putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Hall Anggar, kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Jumat (13/9/2024). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Aceh memborong medali emas dan perak sekaligus dari cabang olahraga anggar nomor sabel perorangan putri PON XXI/2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Jumat malam.

Menariknya, dua atlet anggar Aceh berhadapan dalam laga final untuk memperebutkan emas. Atlet anggar Ummi Nadra keluar dengan perolehan emas sedangkan Bifani Ivana Cordelea mendapatkan perak.

Dalam laga final, performa kedua atlet cukup berimbang. Pada babak pertama, Ummi unggul dari Bifani dengan skor 8-6. Keduanya sempat mencapai skor seri hingga akhirnya berakhir dengan angka cukup tipis, yakni 15-14.

“Harapannya besar untuk bisa memberikan yang terbaik untuk Aceh. Alhamdulillah, kami dapat mempersembahkan emas dan perak untuk Aceh,” kata Ummi saat dijumpai usai pertandingan.

Baik Ummi maupun Bifani mengaku, mereka tidak menyangka bakal berhadapan untuk saling memperebutkan posisi terbaik. Meski berasal dari kontingen yang sama, keduanya tetap berupaya menampilkan performa terbaik.

“Di pertandingan selalu ada yang baru. Fokus, mental, gerakan, kondisi fisik juga berpengaruh. Jadi pasti beda saat kami latihan bersama,” kata Ummi.

Selain Ummi dan Bifani, medali untuk nomor sabel perorangan putri juga diperebutkan Gebhy Novitha asal Kalimantan Timur dan Anggun Anggriani asal Riau. Gebhy dan Anggun membawa pulang perunggu bersama dari nomor ini.

Sebelumnya, Aceh sendiri telah mengumpulkan satu medali emas pada nomor sabel perorangan putra yang diraih atlet Indra Agus Setiawan. Selain itu, ada perak dan perunggu yang masing-masing disumbangkan oleh Yudi Anggara Putra pada floret perorangan putra serta Saidinanda Mulkan pada sabel perorangan putra.

Pada Jumat di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor degen perorangan putra. Pada nomor ini, Jawa Tengah keluar sebagai pemenang dengan raihan medali emas melalui atlet Viston Bastian Kusuma Negara.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Baca juga: Jakarta cetak emas pertama di PON XXI lewat degen individu putri
Baca juga: Riau kembali raih emas anggar lewat floret

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan anggar berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Sabtu, pertandingan untuk nomor degen beregu akan dimulai, yang diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra. Pada Minggu (15/9), floret beregu putra dan degen beregu putri. Terakhir pada Senin (16/9), pertandingan anggar ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.