Pangkogasgabpad dorong percepatan pembangunan Risa untuk korban gempa

id Pangkogasbagpad,Risa,Gempa Lombok

Pangkogasgabpad dorong percepatan pembangunan Risa untuk korban gempa

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasbagpad) Mayjen TNI Madsuni, meninjau bentuk Rumah Instan Sehat (Risa) untuk masyarakat korban gempa yang dibangun PT Risa di Koramil 1615-10/Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB. (Foto Kogasbagpad).

Harapannya agar masyarakat yang mengungsi lekas kembali ke rumah masing-masing yang layak dan dapat beraktivitas seperti semula. Dalam waktu dekat datang musim hujan kasihan mereka kalau berlama lama di pengungsian
Mataram (Antaranews NTB) - Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasbagpad) Mayjen TNI Madsuni, meninjau bentuk Rumah Instan Sehat (Risa) untuk masyarakat korban gempa yang dibangun PT Risa di Koramil 1615-10/Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB.

Usai melihat langsung rumah percontohan yang dibangun PT Risa Pangkogasgabpad Mayjen TNI Madsuni, mendorong percepatan pembangunan Risa hingga sasaran tercapai.

"Harapannya agar masyarakat yang mengungsi lekas kembali ke rumah masing-masing yang layak dan dapat beraktivitas seperti semula. Dalam waktu dekat datang musim hujan kasihan mereka kalau berlama lama di pengungsian," ujar Mayjen TNI Madsuni dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Jumat.

Selain itu, untuk membantu rumah-rumah Babinsa yang rusak Mayjen Madsuni memerintahkan kepada para Danramil untuk mendata rumah Babinsanya. Nantinya Kogasgabpad akan membantu membangunkan rumah sementara.

"Untuk rumah pribadi Babinsa yang rusak didata, nanti akan kita buatkan rumah hunian sementara (Huntara), sehingga Babinsa merasa tenang meninggalkan keluarga untuk melaksanakan tugas dalam membantu masyarakat yang terkena gempa, khususnya di Sembalun," ungkapnya.

Selain itu, Mayjen TNI Madsuni berpesan kepada Danramil 1615-10/Sembalun Lettu Inf Abdul Wahab agar mengingatkan anggotanya untuk senantiasa menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalankan tugas untuk membantu masyarakat yang terkena musibah.

"Utamakan faktor keamanan dan gunakan masker penutup hidung saat membantu merobohkan rumah warga dan membersihkan puing-puing," ucap Mayjen TNI Madsuni.

Kehadiran Pangkogasgabpad didampingi Aster Kogasgabpad Kolonel Inf Herry, Dansektor III Kolonel Mar Azis, Kepala Balai Litbang Tata Bangunan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kuswara dan Aplikator Rumah Instan Sehat (RISA) H Iskandar.

Pada kesempatan terpisah Danramil 1615-10/Sembalun menyampaikan PT Risa ini membuat rumah percontohan anti gempa yang dibangun di Koramil Sembalun sebanyak satu unit dengan harapan bisa dijadikan sebagai rujukan atau percontohan selain rumah anti gempa yang dibangun oleh Kementerian PUPR maupun yang lainnya.

"Hingga saat ini rumah hunian sementara yang dibangun Kementerian PUPR di wilayah Kecamatan Sembalun baru 38 unit dari rencana 136 unit untuk masyarakat dan semoga sisanya cepat selesai sehingga masyarakat bisa segera menempati," katanya. (*)