Wagub NTB minta warga dukung pembangunan Risha

id Wagub NTB,minta dukungan warga,pembangunan Risha,Gempa Lombok

Wagub NTB minta warga dukung pembangunan Risha

Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah saat melakukan peletakan batu pertama Hunian Tetap (HUNTAP) tahan gempa yang dilanjutkan dengan pemasangan konstruksi Risha secara simbolis, di Dusun Lokok Beru, Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Selasa (25/9).

Saya minta masyakat juga ambil bagian membantu apa yang bisa dilakukan, jangan jadi penonton saja, mari kita sama-sama gotong royong
Lombok Utara (Antaranews NTB) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalilah meminta seluruh masyarakat terdampak gempa bumi untuk mendukung penuh program pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) di lokasi terdampak gempa.

"Rumah konsep Risha yang akan dibangun sebagai rumah hunian tetap masyarakat terdampak gempa telah melewati uji coba oleh para pakar dan ahli bangunan. Dengan demikian maka konsep ini diyakini kuat dan tahan gempa," kata Wagub saat melakukan peletakan batu pertama Hunian Tetap (HUNTAP) tahan gempa yang dilanjutkan dengan pemasangan konstruksi Risha secara simbolis, di Dusun Lokok Beru, Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Selasa.

Rohmi didampingi Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasbagpad) Mayjen TNI Madsuni, meminta masyarakat untuk dapat ambil bagian dalam membantu TNI pada masa rekonstruksi dengan melakukan gotong royong membangun rumah warga, khususnya di Dusun Lokok Beru, Desa Salut, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

"Saya minta masyakat juga ambil bagian membantu apa yang bisa dilakukan, jangan jadi penonton saja, mari kita sama-sama gotong royong," ajak Rohmi.

Ia berharap masyarakat agar tidak lagi memperdebatkan masalah konsep pembangunan Huntap karena Pemerintah telah memberikan kebebasan masyarakat untuk memilih konsep bangunan yang penting tahan gempa.

"Mau Risha atau konvensional silahkan, yang penting harus tahan gempa, yang jelas tujuan pemerintah mempercepat proses pemulihan pascabencana," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu semua proses rekonstruksi di NTB.

"Masyarakat NTB harus bangkit, singsingkan lengan baju untuk NTB bangkit menjadi lebih baik di masa yang akan datang," ucap Rohmi.

Pangkosgasgabpad Mayjen TNI Madsuni, menegaskan bahwa TNI telah siap untuk melakukan pembangunan Rumah Hunian Tetap bagi masyarakat yang sudah siap.

"Pasukan kami sudah siap, material sudah ada, masyarakat yang sudah siap dibangunkan Risha kami bangunkan, kalau yang mau konvensional silahkan," tegasnya. (*)