Dianjurkan minum kopi tiga cangkir sehari

id Kopi

Dianjurkan minum kopi tiga cangkir sehari

Ilustrasi: Petani memetik biji kopi arabika di perkebunan kopi Desa Nyalindung, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi) (1) (1/)

Mataram (Antaranews NTB) - Pakar hipertensi, dr. Paskariatne Probo Dewi Yamin menganjurkan agar konsumsi kopi sebaiknya hanya 330 mg atau tiga cangkir per hari sesuai anjuran  American Heart Association tentang pengaruh kopi bagi hipertensi.

"Kopi dengan kandungan kafein memiliki efek U-Shape,"  kata Paskariatne  dalam acara bertajuk "Wasapadai Hipertensi Pada Generasi Milenial" di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan, Jumat. 

Menurut dia kalau kopi dikonsumi kurang dari satu cangkir maka tidak akan berpengaruh apapun terhadap tekanan darah.

Akan tetapi kalau diminum  1 cangkir per hari, tekanan darah akan menjadi naik dan akan lebih berpotensi terkena hipertensi.

Sebaiknya ditambah dengan kopi satu atau dua cangkir lagi untuk menurunkan tekanan darah yang naik, ungkapnya.

Penelitian menunjukan bahwa kopi memiliki zat aktif yang berfungsi sebagai antioksidan yang hanya ada dalam dosis kopi yang tinggi. Zat aktif ini akan membunuh zat kafein yang ada dalam tubuh.

"Sehingga tekanan darah yang naik akibat satu cangkir kopi akan dibunuh oleh konsumsi kopi pada cangkir selanjutnya," ujar dia.

Dia menyarankan untuk tidak mencampur kopi dengan karamel atau susu karena itu merupakan campuran yang tidak baik dan beresiko terkena hipertensi.*