TNI-Polri di NTB kawal pergeseran logistik pemilu ke PPK

id pengawalan logistik pemilu,hasil penghitungan suara,pemilu 2019,pps,ppk lombok barat ntb

Panitia menurunkan kotak suara Pemilu 2019 dari truk di Kantor Camat Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Kamis (18/4/2019). (Foto Antara/Dhimas BP)

Lombok Barat (ANTARA) - Aparat Pengamanan TNI dan Polri yang bertugas di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengawal pergeseran logistik hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dari tempat panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Seperti pantauan Antara di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis siang, nampak personel Babinkamtibmas dan Babinsa sedang mengawal sebuah truk yang mengangkut kotak suara Pemilu 2019.

Truk yang mengangkut logistik dari Desa Sesela itu dikawal hingga ke Kantor Camat Gunungsari yang lokasinya berdampingan dengan markas Koramil 1606-07/Gunungsari dan Polsek Gunungsari.

Kapolsek Gunungsari Iptu Kahar Muzakar yang ditemui Antara di kantornya, Kamis, mengatakan bahwa tugas pengawalan akan terus dilaksanakan sampai pergeseran dari tingkat kecamatan hingga ke kabupaten.

"Sesuai arahan, kita (Polri) ditugaskan untuk terus memberikan pengawalan, mulai dari TPS sampai ke tingkat PPK, bahkan sampai pergeseran ke kabupaten juga kita akan kawal," kata Kahar Muzakar.

Terkait dengan perkembangan situasi kamtibmas dari pelaksanaan Pemilu 2019 di Kecamatan Gunungsari, Kahar mengatakan seluruh wilayah terpantau aman dan terkendali.

"Semua aman dan pelaksanaannya berjalan lancar, kondusif," ujarnya.

Senada dengan Komandan Koramil 1606-07/Gunungsari Kapten Danang Kristianto, yang mengatakan bahwa personel TNI selalu siap siaga membantu Polri dalam memantau keamanan Pemilu 2019.

Dari pantauan lapangan, situasi kamtibmas mulai dari tahap pergeseran logistik di TPS hingga ke PPK di Kantor Camat Gunungsari berjalan aman dan lancar.

"Sementara ini, situasi aman terkendali dan untuk pergeseran logistik masih terus berjalan," kata Danang.

Kecamatan Gunungsari memiliki 16 desa yang tersebar hingga daerah perbukitan bagian Utara dari Kota Mataram. Gunungsari tercatat sebagai salah satu wilayah yang terdampak gempa Lombok.

Dari pantauan Antara, logistik hasil penghitungan suara Pemilu 2019 sudah terlihat menumpuk di Kantor Camat Gunungsari.

Meskipun terpantau satu desa yang masih dalam tahap rekapitulasi suara, yakni di Desa Bengkaung, pengawalan dari aparat TNI-Polri tetap berjalan.

Lebih lanjut, PPK Gunungsari telah menetapkan pergeseran logistik hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di tingkat desa harus sudah selesai sebelum agenda pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang ditetapkan pada Jumat (19/4) siang, ba'da ibadah Sholat Jumat.

 

Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar