Bupati terima dan resmikan Puskesmas Nipah bantuan Kompas

id Puskesmas Nipah,Kompas

Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar (kiri), bersama Pemimpin Redaksi Harian Kompas Indonesia, Ninuk Mardiana Pambudy, menggunting pita sebagai tanda peresmian Puskesmas Nipah. (Dok Humaspro KLU)

Mataram (ANTARA) - Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, menerima dan meresmikan  Puskesmas Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, yang merupakan sumbangan dari pembaca Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).

Penyerahan dan peresmian Puskesmas Nipah ini dihadiri langsung Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Ninuk Mardiana Pambudy dan Ketua Yayasan DKK Rusdi Amral, di Tanjung, Rabu (24/4).

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Khairul Anwar, Direktur RSUD KLU, dr Syamsul Hidayat, Kepala Dinas Dikpora KLU, Fauzan, Kapolsek Pemenang AKP Amar Ma'aruf, SI.K, Danposramil Pemenang Pelda Subandi, dan Kades Malaka, H Akmaludin Ichwan, S.AP.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar menjelaskan, puskesmas yang sudah dibangun dengan dedikasi yang luar biasa oleh para pembaca koran harian Kompas melalui DKK, tentu bermanfaat bagi masyarakat Lombok Utara.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Lombok Utara, Najmul mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas edukasi yang luar biasa. 

"Ketika kami sedang butuh dan kami masih belum maksimal untuk mewujudkan, kemudian datang kawan-kawan dari Kompas mengajukan pembangunan Puskesmas. Kami berterima kasih," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Indonesia, Ninuk Mardiana Pambudy mengungkapkan, ketika melakukan asesmen atas permintaan Pemkab Lombok Utara, letaknya strategis di daerah pariwisata. 

"Fasilitas yang terbangun antara lain ruang unit gawat darurat (UGD), ruang rawat inap pria dan wanita, ruang bersalin, laboratorium, poliklinik gigi dan rumah dinas dokter," ujarnya.

Sejak dibuka  pada 12 April 2019, kata dia, Puskesmas Nipah sudah merawat 42 pasien dan sudah ada empat ibu melahirkan.

Pimred Kompas itu juga menyampaikan DKK bersyukur telah dilibatkan dalam pembangunan Puskesmas Nipah. Apa yang telah diserahkan hari ini terpublikasi, agar para pembaca harian kompas mengetahuinya.

"Harapan kami, tolong puskesmas ini dipelihara dengan baik, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat selamanya," ucapnya pula.

Sementara itu? Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Khairul Anwar,  mengatakan Puskesmas Nipah merupakan satu di antara delapan puskesmas yang ada di Lombok Utara. 

Lima puskesmas kondisinya memang rusak berat, tiga puskesmas rusak ringan. Dari delapan puskesmas tersebut empat yang sudah direnovasi dan dimanfaatkan, termasuk puskesmas Nipah. 

"Kami masih punya pekerjaan rumah untuk memperbaiki yang empat puskesmas lagi yang bentuknya sama seperti puskesmas Nipah, sesuai dengan Permenkes RI Nomor 75 tahun 2014. Untuk Nusa Tenggara Barat, baru Puskesmas Nipah ini yang yang sesuai Permenkes tersebut," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar