PELANTIKAN REKTOR UNRAM BELUM ADA KEPASTIAN

id

          Mataram, 19/10 (ANTARA) - Acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat (NTB), periode 2009-2013 hingga saat ini belum jelas dan masih menunggu surat keputusan dari Menteri Pendidikan Nasional.

         "Saya belum mendapatkan kapan pastinya rencana serah terima jabatan saya dengan rektor yang baru, namun yang jelas masa jabatan saya berakhir 26 Oktober mendatang," kata Rektor Unram, H. Mansur Ma'sum di Mataram, Senin.

         Ia berharap agar pelantikan dilaksanakan sebelum tanggal 26 oktober, sehingga tidak terjadi permasalahan khususnya kekosongan jabatan apabila pelantikan rektor yang baru ternyata molor.

         Meskipun hingga saat ini belum ada kepastian tentang rencana pelantikan Rektor Unram yang baru, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan terutama laporan tentang berbagai hal mengenai situasi dan kondisi kampus sejak dirinya memimpin selama dua periode.

         "Sejak 25 September lalu saya sudah menyiapkan segala sesuatu terutama laporan akhir yang sudah diserahkan ke seluruh anggota senat melalui rapat senat tanggal 13 Oktober lalu," ujarnya.

         Sementara itu, Prof. H. Sunarpi, PhD, yang terpilih menjadi Rektor Unram menggantikan Mansur Ma'shum, menambahkan, pihak panitia pemilihan sudah mempertanyakan kejelasan tentang kapan pelaksanaan pelantikan dirinya kepada Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Jumat (16/10).

         Meskipun belum mendapatkan kepastian, kata dia, rencana pelantikan dirinya akan tetap dilakukan di Jakarta oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) bersamaan dengan pelantikan Rektor Universitas Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

         "Pelantikan tetap dilakukan di Jakarta oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), yang belum pasti hingga saat ini kapan waktunya," ujarnya.

         Ditanya apakah ada kemungkinan pelantikan akan diundur atau tidak sesuai dengan jadwal yang diharapkan, Sunarpi menyatakan belum bisa mengetahui secara pasti.

         "Jika memang terjadi penundaan kemungkinan akan molor dua atau tiga hari dan itu mungkin karena adanya proses pergantian dan pelantikan menteri pada 22 Oktober nanti," ujarnya.

         Prof. H. Sunarpi, PhD, yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) terpilih sebagai Rektor Unram periode 2009-2013 melalui rapat anggota senat yang digelar Mei 2009 dengan meraih 39 suara menggungguli lima bakal calon rektor lainnya.

         Suara terbanyak kedua diraih Prof. Dr. Ir. H. M. Ichsan, MS dengan 13 suara, dan tempat ketiga Drs. H.M. Husni Muadz, MA, PhD dengan 10 suara.

         Sedangkan dua bakal calon lainnya, yaitu Prof. Dr. Ir. H. Arifuddin Sahidu, MS dan Prof. Dr. Ir. H. Baharudin AB, MS, masing-masing memperoleh satu suara.(*)