Setnov bersama istrinya ketika pelesiran di Padalarang

id Setnov, istri, pelesiran, kemenkumham

Setnov bersama istrinya ketika pelesiran di Padalarang

Kondisi Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Sabtu (15/6/2019). (Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat, Abdul Aris menyebut perempuan yang bersama Setya Novanto dalam foto pelesirannya yang beredar di media sosial adalah istrinya, Deisti Astriani Tagor.

"Kalau lihat foto tersebut, Setya Novanto dengan istrinya," kata Aris di Bandung, Sabtu.

Setya Novanto oleh pihak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Bogor pada Jumat (14/6) malam. Pemindahan tersebut dilakukan karena ulahnya yang kedapatan pelesiran di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Sebelum kepergok pelesiran, Novanto menjalani perawatan karena penyakit yang dideritanya di Rumah Sakit Santosa Bandung sejak 12 Juni 2019. Sejak saat itu Novanto belum kembali pulang ke Lapas Sukamiskin.

Abdul bersama Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak mengaku telah menjenguk sekaligus mengecek kebenaran Novanto di rumah sakit. Menurut Abdul saat ia menjenguknya, mantan Ketua DPR RI tersebut memang ditemani bersama istrinya.

"Pada saat saya dengan Pak Kakanwil sidak ke RS Santosa, keluarganya (istrinya) ikut menunggu," kata Abdul.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak menyebut telah memperingati Setya Novanto untuk tidak berbuat ulah.

"Saya waktu itu datang nasihati dia, saat itu ada istrinya," kata Liberti.

Selain itu ia juga telah meminta agar Novanto jujur dalam menggunakan izin berobatnya. Namun, justru Novanto kembali berulah dengan beredar foto pelesirannya di media sosial.

"Saya bilang, kalau berobat ya berobat saja, tidak usah aneh-aneh," kata dia.