SMK NW Renco tanamkan budaya literasi lewat ekstrakulikuler jurnalistik

id SMK,Jurnalistik

Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Wathan (SMK NW) Renco, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menanamkan budaya literasi sejak bangku sekolah kepada para siswanya lewat ekstrakulikuler jurnalistik. (Muhammad Nazri)

Mataram (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Wathan (SMK NW) Renco, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menanamkan budaya literasi sejak bangku sekolah kepada para siswanya lewat ekstrakulikuler jurnalistik.

“Kita sengaja menghadirkan ekstrakulikuler jurnalistik ini sejak duduk di bangku sekolah sebagai wadah untuk menanamkan budaya literasi sedini mungkin kepada mereka,” kata Apipuddin, pembina ekstrakulikuler jurnalistik SMK NW Renco, Selong, Lombok Timur, Senin.

Dikatakannya, ekstarakulikuler jurnalistik ini juga rutin membuat buletin untuk lingkup internal sekolah setiap bulan dan mengikuti lomba hingga di tingkat Kabupaten Lombok Timur sebagai ajang untuk latihan menulis.

Selain itu juga, kegiatan ini sengaja dipadukan dengan ekstrakulikuler seni  teater, untuk melatih mental para siswa terutama dalam berekspresi di hadapan banyak orang.

”Khususnya kita di ekstrakulikuler jurnalistik rutin membuat buletin setiap bulan dan mengikuti lomba hingga tingkat Kabupaten Lombok Timur, dan bahkan pernah mendapatkan juara 2 lomba membuat buletin yang diadakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Timur tahun lalu dengan mengalahkan beberapa sekolah di Lombok Timur lainnya," paparnya.

“Kami juga memadukannya dengan ekstrakulikuler seni teater untuk melatih mental dan kepercaya dirian mereka agar terbiasa tampil di depan umum, agar tidak gugup di atas panggung,” ujarnya.

Apipuddin, yang juga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia ini optimistis dari ekstrakulikuler jurnalistik ini nanti akan lahir para penulis-penulis handal. “Saya optimis, dari sini akan terlahir penulis-penulis handal di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Rosita Zukiyana, salah satu siswi yang mengikuti kegiatan ini mengatakan sangat bersyukur sekali dengan adanya ekstrakulikuler jurnalistik ini untuk menyalurkan hobinya dalam menulis.

“Alhamdulillah, akhirnya hobi saya dalam menulis sejak dahulu bisa tersalurkan melalui ekstrakulikuler ini, terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah memberikan wadah yang sangat bermanfaat ini,” katanya.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar