Jenazah korban kerusuhan Wamena akan dimakamkan Jumat

id korban wamena,kerusuhan wamena,papua

Jenazah korban kerusuhan Wamena akan dimakamkan Jumat

Camat Lengayang, Zoni Eldo dan Wali Nagari Lakitan Utara, Aprizal Katik Datuak Bandaro Kayo berbincang dengan keluarga korban kericuhan Wamena, Papua. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Empat jenazah korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua pada Senin (23/9) asal Nagari Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan dimakamkan Jumat (27/6).

"Awalnya pemakaman direncanakan hari ini, namun karena waktu kedatangan antar jenazah berbeda-beda, maka kami menyepakati untuk dikuburkan besok," kata Wali Nagari Lakitan Utara, Aprizal Katik Datuak Bandaro Kayo yang juga paman dari para korban di Painan, Kamis.

Jenazah Hendra Eka Putra (22), Safrianto (36), Jafriantoni (24) dijadwal tiba di Bandara Internasional Minangkabau hari ini pukul 17.05 WIB, sementara jenazah Riski (3,5) pukul 22.05 WIB.

Keempatnya, kata dia, memiliki hubungan darah yakni Hendra Eka Putra (22), Safrianto (36), Jafriantoni (24) merupakan saudara kandung, sementara Riski (3,5) merupakan anak dari Safrianto (36).

"Kami dari keluarga sangat terpukul dengan kejadian ini, terlebih Hendra Eka Putra (22) baru sekitar tiga bulan ini merantau ke Wamena," katanya.

Jenazah akan dimakamkan TPU Padang Cupak, termasuk jenazah Riski (3,5) setelah terlebih dahulu disemayamkan di rumah neneknya di Kampung Koto Lamo, Nagari Lakitan Tengah dan selanjutnya baru di kuburkan di satu lokasi dengan ayah dan paman-pamannya.

Baca juga: Delapan jenazah korban kerusuhan Wamena diangkut dengan tiga pesawat ke Padang

"Alhamdulillah, ibu dari almarhum Riski bernama Putri (29) selamat dari kejadian itu, namun hingga saat ini ia masih menjalani perawatan intensif akibat yang luka serius," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi menyebutkan, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dijadwal turut menyambut langsung jenazah para korban di Bandara Internasional Minangkabau.

Selain Bupati Hendrajoni dan sejumlah pejabat dari Pesisir Selatan juga akan menyambut kedatangan jenazah, termasuk menyiapkan delapan unit ambulans yang akan membawa jenazah para korban ke rumah duka.

Para ahli waris juga akan disantuni masing-masing Rp9 juta, Rp5 juta berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten setempat dan Rp4 juta lagi berasal dari kabupaten.

 Baca juga: Jenazah dr Soeko dievakuasi dari Wamena ke Jayapura
Baca juga: Kapolda Papua: empat meninggal akibat demo anarkis di Wamena

 
Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar