PLTU Jeranjang Unit 2 dan PLTMG Lombok Peaker Mulai Perkuat Kelistrikan Lombok

id PLTU Jeranjang,PLN,Lombok

PLTU Jeranjang Unit 2 dan PLTMG Lombok Peaker Mulai Perkuat Kelistrikan Lombok

Para pekerja berjuang mempercepat pemeliharaan PLTU Jeranjang di Kabupaten Lombok Barat, NTB. (Foto Humas PLN UIW NTB)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang Unit 2 yang berlokasi di Desa Taman Ayu, Lombok Barat. Beroperasinya PLTU Jeranjang unit 2 menambah pasokan listrik untuk Pulau Lombok.

"Alhamdulillah, meskipun masih tahap pengujian, PLTU Jeranjang Unit 2 sudah berhasil beroperasi untuk menambah pasokan listrik Pulau Lombok," kata Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah NTB, Taufiq Dwi Nurcahyo.

Secara total, PLTU Jeranjang unit 2 memiliki kapasitas sebesar 25 Mega Watt (MW). Namun dalam tahap uji coba ini besar pasokan daya akan dilakukan peningkatan secara bertahap.

"Hari ini daya yang dihasilkan baru sekitar 7 MW, karena ini uji coba jadi kita masih melihat parameter dan indikator yang ada untuk disesuaikan dengan sistem kelistrikan. Mudah-mudahan besok bisa meningkat," ujar Taufiq.

Selain PLTU Jeranjang unit 2, PLN juga sedang melakukan uji coba untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap (PLTMGU) Lombok Peaker yang berlokasi di Tanjung Karang, Mataram.

"Untuk PLTMGU Lombok Peaker kita uji coba bertahap, hari ini rencananya 3 unit mesin dengan kapasitas 30 MW. Namun pengujiannya juga akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal, 15 MW dahulu utk selanjutnya akan naik hingga kapasitas maksimal. Sekali lagi mohon doanya agar semuanya berjalan lancar," ucap Taufiq.

PLTMGU Lombok Peaker sendiri memiliki total kapasitas sebesar 130 MW. Pembangkit ini akan menjadi salah satu tulang punggung untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Lombok. Direncanakan Lombok Peaker ini akan beroperasi penuh pada bulan Desember 2019.