AKTIVITAS PENYEBERANGAN LEMBAR-PADANGBAI DIHENTIKAN SAAT NYEPI

id



          Mataram, 15/3 (ANTARA) - PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar menghentikan aktivitas pelayaran Lembar (Lombok)-Padangbai (Bali) saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1932 tanggal 16 Maret 2010.

         "Aktivitas penyeberangan Lembar-Padangbai yang biasanya dimulai pukul 06.00 Wita ditiadakan saat Perayaan Nyepi tanggal 16 Maret," kata Kepala PT Indonesia Ferry Cabang Lembar Kaimuddin Maliling yang dihubungi dari Mataram, Senin.

         Ia mengatakan pelayaran terakhir dari Lembar menuju Padangbai Senin (15/3) pukul 21.30 WITA, sedangkan dari Padangbai menuju Lembar pukul 04.55 WITA.

         Setelah itu aktivitas pelayaran Lembar-Padangbai atau sebaliknya dihentikan dan baru akan dibuka kembali pada Rabu (17/3) dengan pelayaran pertama dari Lembar menuju Padangbai pukul 01.40 WITA dan dari Padangbai menuju Lembar pukul 08.15 WITA.

         "Penutupan sementara aktivitas penyeberangan itu mengacu kepada Surat Edaran Gubernur Bali yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait," ujarnya.

         Maliling mengatakan penutupan aktivitas penyeberangan itu sudah disosialisasikan jauh hari sebelumnya meski hal itu sudah menjadi kebiasaan rutin setiap tahun.

         Sosialisasi kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan juga dilakukan baik dalam bentuk pengumuman yang ditempelkan di pelabuhan penyeberangan dan sekitarnya, atau  melalui media massa.

         "Saya yakin para pengguna jasa angkutan penyeberangan baik dari Lembar maupun Padangbai sudah mengetahui rencana penutupan aktivitas penyeberangan untuk sementara terkait perayaan Nyepi," ujar Maliling.

         Ia mengatakan  aktivitas penyeberangan feri rute Lembar-Padangbai dilayai 12 unit kapal yang semuanya dalam kondisi laik beroperasi.

         "Saat ini ada enam unit kapal dikelola PT Indonesia Ferry yang disiagakan di pelabuhan penyeberangan Lembar dan  siap beroperasi sesuai jadwal rutin," ujarnya.(*)