Kapolda NTB janjikan Pilkada 2020 berjalan kondusif

id tomsi tohir,kapolda ntb,pengamanan pilkada,pilkada ntb

Kapolda NTB janjikan Pilkada 2020 berjalan kondusif

Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir ketika memberikan keterangan persnya usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjid Baitussalam Polda NTB, Kamis (9/1/2020). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Tomsi Tohir, menjanjikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 diwilayahnya berjalan dengan kondusif.

Irjen Pol Tomsi Tohir di Mataram, Kamis, mengaku sudah membicarakan strategi pengamanan Pilkada 2020 di NTB dengan pejabat sebelumnya, Irjen Pol Nana Sudjana yang dilihat berhasil mengawal serta menjaga pelaksanaan Pilpres 2019 di NTB.

"Khusus agenda penting, yakni rencana Pilkada, termasuk kejadian-kejadian menonjol itu sudah kita bahas dan kita persiapkan, tentunya merencanakan pengamanan Pilkada yang baik," kata Tomsi.

Namun dirinya menilai strategi pengamanan yang telah direncanakan akan sulit berjalan sesuai harapan jika tidak ada dukungan dari masyarakat.

"Jadi kunci keberhasilannya itu adalah rasa kesadaran masyarakat bahwa pilkada ini adalah sebuah sarana untuk memilih pemimpin, bukan sebuah sarana menciptakan suatu permusuhan atau memutus tali silaturahmi," ucapnya.

Justru, kata dia, melalui ajang pesta demokrasi yang akan terselenggara di tujuh kabupaten kota ini, masyarakat mendapat kesempatan untuk merasakan kembali euforia dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yakni "berbeda-beda tetapi tetap satu jua".

"Apabila terjadi perbedaan pendapat mengenai siapa calon masing-masing itu adalah hal yang biasa, bukan berarti sebuah harga mati, berbeda pendapat sehingga memutus tali silaturahmi, jadi itu tidak imbang sekali," ujar Tomsi.

Irjen Pol Tomsi Tohir mengungkapkan rencana giat di tahun 2020 ini untuk kali pertama memberikan keterangan pers dalam jabatan barunya sebagai Kapolda NTB.

Pada Selasa (7/1) lalu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melantik Irjen Pol Tomsi Tohir sebagai Kapolda NTB menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang menerima tugas baru sebagai Kapolda Metro Jaya.

Perwira tinggi (pati) bintang dua yang kini berusia 50 tahun tersebut adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990 yang memiliki segudang pengalaman di bidang reserse.