Alibaba Cloud menggandeng Universitas kembangkan talenta digital

id Alibaba Cloud

Alibaba Cloud menggandeng Universitas kembangkan talenta digital

Alibaba Cloud mengumumkan inisiatif bernama "Digital Talent Empowerment Program" terbarunya dengan para mitra untuk mendorong pengembangan kapasitas di bidang digital bagi para talenta di Indonesia dalam Alibaba Cloud Day 2020 di Jakarta, Kamis (16/1/2020). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Alibaba Cloud mengumumkan inisiatif bernama "Digital Talent Empowerment Program" terbarunya dengan para mitra untuk mendorong pengembangan kapasitas di bidang digital bagi para talenta di Indonesia.

"Tahun lalu diadakan Alibaba Cloud Academy di mana partisipannya sudah melebihi ekspektasi. Dari situ kami melihat peluang yang sangat besar untuk menciptakan talenta digital," ujar Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, dalam temu media Alibaba Cloud Day 2020 di Jakarta, Kamis.

"Digital Talent Empowerment Program" bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prasetiya Mulya untuk menghadirkan pelatihan cloud dan intelegensi digital bagi mahasiswa dan pengajar.

Selanjutnya, kemitraan dengan lembaga pelatihan global, Trainocate dan PT Inovasi Informatika (i3) akan menawarkan pelatihan IT tingkat lanjut bagi pengembang di Indonesia.

Program tersebut juga bekerjasama dengan BLOCK71 Jakarta, inkubator yang mendukung wirausaha di Indonesia, untuk meningkatkan keterampilan digital di kalangan startup.

"Program ini tentunya tidak akan berlangsung sekali saja karena Alibaba Cloud sedang dalam journey yang berkesinambungan dan terus-terusan di mana ingin bertumbuh bersama di Indonesia," kata Leon.

Lebih lanjut, Leon menjelaskan program pemberdayaan bakat digital yang didukung universitas, lembaga pelatihan dan inkubator di Indonesia, itu tidak hanya melatih pelajar tetapi juga para pelatih, sehingga terjadi proses transfer kemampuan di dalamnya.

Pada 2020, Alibaba Cloud akan menyediakan program pelatihan dan lokakarya  bagi sekitar 60 tenaga pengajar atau dosen dari Universitas Bina Nusantara dan Prasetiya Mulya Business School.

Langkah ini bertujuan untuk mendorong para pengajar untuk membagikan kembali ilmu yang mereka dapatkan tentang cloud dan teknologi digital kepada para siswa selama pelatihan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan setidaknya 2.000 mahasiswa dari dua universitas yang mengikuti pelatihan pada subjek terkait.

Selain itu, Alibaba Cloud akan menawarkan sumber daya cloud untuk startup terpilih di komunitas BLOCK71 yang berpartisipasi dalam Create@AlibabaCloud, kompetisi startup yang diselenggarakan setiap tahun oleh penyedia layanan cloud tersebut.

Keduanya juga akan bersama-sama mengelola networking, kegiatan lokakarya dan acara pitching secara rutin.

"Tiap tahun Alibaba Cloud mengadakan startup program di mana kami memberikan kredit supaya startup tersebut dapat menggunakan teknologi dari Alibaba Cloud. Selain itu, Alibaba Cloud juga memberikan kesempatan bagi startup untuk mendapatkan peluang pendanaan dari Venture Capital," ujar Leon.

Alibaba Cloud juga bekerjsama sama dengan Trinocate dan i3 untuk mengembangkan pelatihan lanjutan mengenai cloud, keamanan dan intelegensi data untuk pengembang di komunitas yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan produk yang lebih canggih dan solusi industri pada sektor cloud.

"Alibaba Cloud memang selalu mempekerjakan talenta lokal. Tentunya, ke depannya, ini adalah suatu pengembangan untuk semua industri bukan hanya teknologi, tapi juga bisa untuk finance dan industri lainnya," tambah Leon.