Lombok destinasi yang ideal untuk bersepeda di Indonesia

id Lombok,Destinasi,Bersepeda,Ideal,NTB,Indonesia,komunitas sepeda

Lombok destinasi yang ideal untuk bersepeda di Indonesia

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj Sitti Rohmi Djalilah saat berfoto bersama Komunitas Sepeda Lombok Enduro Adrenaline Forum (LEAF), di Mataram, Jumat (31/1/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Penyelenggara acara atau event organizer ajang bersepeda internasional Enduro 2020 menilai Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi yang ideal bersepeda di Indonesia.

Eko Anugraha selaku event organizer (EO) ajang bersepeda internasional Enduro 2020 mengatakan komunitas-komunitas sepeda gunung di NTB ini sangat banyak. Hanya saja, kegiatan-kegiatan sepeda berskala internasional masih minim di daerah.

"Banyak sekali komunitas-komunitas sepeda di NTB, tapi event untuk menyalurkan hobi tersebut tidak ada di sini, kalau mau ikut lomba, kita harus ke luar daerah, bahkan ke luar negeri," ujarnya, saat Komunitas Sepeda Lombok Enduro Adrenaline Forum (LEAF) bertemu Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah, di Mataram, Jumat.

Eko melanjutkan, kegiatan ini dihajatkan untuk memperkenalkan keindahan NTB khususnya Lombok, dan dalam kegiatan tersebut panitia akan menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar.

"Target kami, pesertanya berjumlah seribu orang, mulai dari atlet hingga mereka yang hanya hobi bersepeda, internasional dan lokal. Untuk yang lokal kami sediakan namanya Event Challenge, untuk kelas internasional itu bagian dari seri dunia," katanya pula.

Event internasional tersebut akan diselenggarakan pada bulan Juli 2020, dengan mengambil rute kawasan wisata Rinjani, dan untuk treknya tidak termasuk hutan konservasi.

"Alhamdulillah kami bersyukur, sudah banyak yang menyatakan diri untuk ikut serta pada event tersebut, mulai dari kelas internasional hingga lokal," katanya pula.

Indra Ghrawita Sujud Sudradjat Zila, selaku Departemen Promosi Sepeda Polygon yang menjadi salah satu sponsor pada kegiatan internasional tersebut bersama timnya telah melakukan survei lokasi event sepeda internasional tersebut.

Menurutnya, Lombok adalah salah satu daerah yang paling bagus untuk bersepeda.

"Kami akan memfasilitasi orang-orang yang bersepeda untuk menikmati wisata dan kuliner yang ada di Lombok. Lahan untuk bersepeda juga sangat bagus, rasanya kami tidak mau pulang dari Lombok ini," katanya lagi.

Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah menaruh perhatian pada penyelenggaraan kegiatan sepeda internasional Enduro 2020. Bahkan, kata dia, Pemprov NTB siap mendukung kegiatan yang akan menjadi salah satu promosi wisata di NTB ini.

Dalam kesempatan itu, Ummi Rohmi menegaskan, Pemprov NTB mendukung setiap kegiatan positif yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas sepeda di NTB itu. Menurut Wagub, kegiatan sepeda internasional Enduro tersebut akan membantu mempromosikan NTB.

"Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Saya mengapresiasi event internasional ini, semoga event tersebut bisa mempromosikan daerah, mempromosikan wisata, memperkenalkan budaya serta menggairahkan desa wisata yang ada di NTB ini," ujar Ummi Rohmi.

Di NTB ini, lanjut Ummi Rohmi, keindahannya sangat beragam, mulai dari pantai, gunung, kuliner, desa dan sebagainya. Tidak hanya itu, event-event seperti sepeda dan MotoGP tersebut harus disukseskan bersama demi daerah tercinta. Tak hanya itu, semua kegiatan itu harus memberdayakan masyarakat.

"Kita harus tunjukkan kepada dunia bahwa wisata di NTB ini tidak hanya ramah untuk keluarga, tapi juga wisata di NTB, sangat cocok untuk bersepeda," katanya pula.