NTB mantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai

id NTB mantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai

NTB mantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak terkait lainnya, menggelar rapat koordinasi guna memantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai. (Parpol peserta Pemilu 2014)

"Rapat koordinasi untuk memantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai, sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam pergerakan massa pada tahapan kampanye," kata Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansory.
Mataram, 12/3 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak terkait lainnya, menggelar rapat koordinasi guna memantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai.

"Rapat koordinasi untuk memantapkan rencana deklarasi kampanye pemilu damai, sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam pergerakan massa pada tahapan kampanye," kata Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansory, saat memimpin rapat koordinasi tersebut, di Mataram, Rabu.

Rapat itu dihadiri Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoko Rudi, dan pimpinan instansi terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, dan Satuan Polisi Pamong Praja (PP).

Aksar mengatakan, deklarasi kampanye pemilu damai dijadwalkan Sabtu (15/3), dan akan diawali dengan konvoi kendaraan bermotor pada rute yang ditetapkan.

Rutenya diawali dari area depan Pendopo Wali Kota Mataram, kemudian melintasi ruas Jalan Pejanggik, kemudian Jalan I Gede Ngurah, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit, kemudian berbalik arah melalui Jalan Langko, hingga berakhir di Lapangan Umum Mataram.

Konvoi kendaraan bermotor itu akan melibatkan sedikitnya 85 unit kendaraan beroda empat atau lebih, dan 30 unit kendaraan roda dua.

Peserta konvoi berasal dari KPU provinsi dan kabupaten/kota, Bawaslu, calon anggota DPD dan DPRD, serta komunitas lainnya seperti PGRI, dan kelompok motor berbagai jenis dan merek.

Peserta konvoi akan dikawal oleh kendaraan aparat kepolisian, agar dapat berjalan aman dan lancar, serta tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, mengingat rutenya merupakan jalur ramai.

"Setelah konvoi dilanjutkan dengan deklarasi kampanye pemilu damai, berupa pembacaan pernyataan sikap dan ditandatangani pimpinan parpol peserta pemilu," ujarnya.

Sesuai jadwal penyelanggaraan pemilu legislatif yang ditetapkan KPU, tahapan kampanye pemilu legislatif pada 16 Maret hingga 5 April 2014.

Setelah tahapan kampanye akan digelar pemungutan suara yang ditetapkan 9 April 2014, atau setelah tiga hari masa tenang pascakampanye. (*)