BKMT Mataram Wadah Mencegah Paham Radikal

id BKT radikal

BKMT Mataram Wadah Mencegah Paham Radikal

Ketua BKMT Kota Mataram Hj Erni Suryani

"Keberadaan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di Kota Mataram ini untuk menjaga agama Islam agar tidak berkotak-kotak dan terbebas dari berbagai paham radikal"
Mataram,  (Antara NTB)- Badan Kontak Majelis Taklim Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, berkomitmen menjadi wadah untuk mencegah berbagai paham radikal serta tempat pendidikan para ibu di daerah ini.

"Keberadaan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di Kota Mataram ini untuk menjaga agama Islam agar tidak berkotak-kotak dan terbebas dari berbagai paham radikal," kata Ketua BKMT Kota Mataram Hj Erni Suryani di Mataram, Senin.

Erni yang baru saja dilantik menjadi Ketua BPMT Kota Mataram periode 2015-2015 bersama 17 pengurus lainnya berkomitmen akan lebih meningkatkan peran BKMT yang ada baik di tingkat kecamatam maupun tingkat lingkungan.

Selama ini, katanya, keberadaan BKMT pada tingkat lingkungan masih kurang dimaksimalkan, padahal keberadaanya sangat kuat dan strategis sebagai penyambung informasi ke masyarakat luas.

Baik itu informasi yang bersifat pendidikan, pengetahuan umum maupun dalam bidang keagamaan.

"BKMT di lingkungan ini merupakan embrio kita untuk bergerak dalam melaksanakan program-program unggulan BKMT lima tahun ke depan," katanya.

Menurut dia, peran ibu rumah tangga sangat penting dan strategis dalam pendidikan serta upaya peningkatan ketakwaan anggota keluarga, sehingga berbagai paham-paham radikal termasuk ISIS dapat diantisipasi melalui keluarga.

"Insya Allah jika, pendidikan agama yang ditanamkan kepada anak-anak sudah kuat. Anak-anak tidak akan berpaling dari ajaran agama yang telah diberikan orang tua mereka," katanya.

Ia mengatakan, jika kemajuan pembangunan di Kota Mataram yang begitu pesat saat ini tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki nilai-nilai agama, maka semuanya akan rapuh dan menjadi sasaran manusia yang tidak bertanggung jawab.

Terkait dengan itu, beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan dalam kepengurusannya adalah melakukan penataan pada internal kepengursan mulai dari tingkat kecamatan hingga lingkungan.

Selanjutnya melakukan pembinaan dan mencerdaskan para pengurus, agar mereka memiliki kemampuan dan kecakapan saat berada di tengah masyarakat.

"Selain itu, melaksanakan program pencerahan kepada ibu-ibu sebagai basis memberikan pendidikan dalam rumah tangga," katanya.

Menyinggung tentang pelantikan pengurus BKMT Kota Mataram disebutkan sebanyak 17 pengurus BKMT Mataram 2015-2010 dilantik oleh Wakil Ketua BKMT Provinsi NTB Dwi Yani Farhan.

Dengan komposisi Ketua BKMT Kota Mataram Hj Erni Suryani, Wakil Ketua Hj Suarti, Sekertaris Hj Srihati dan Bendahara Maryam.

Jajaran para pengurus yang dilantik ini merupakan SDM pilihan memiliki komitmen yang kuat dalam menyebarkan ajaran agama Islam dan menciptakan perempuan cerdas sehingga mampu melahirkan generasi yang cerdas dan berahlak mulia. (*)