Jumat, 31 Maret 2017

Pelajar Kota Bima Didorong Miliki Jiwa Kewirausahaan

id Kewirausahaan Pelajar BIMA
Yang utama, pilihlah usaha dari hobi. Karena usaha dari hobi akan kita sukai
Kota Bima (Antara NTB) - Para pelajar di SMAN 1 Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, didorong memiliki jiwa kewirausahaan agar menjadi generasi yang kompetitif di masa depan.
"Saya datang ke sini karena di tempat ini saya menimba ilmu. Bapak dan ibu guru di sini yang membuat saya bisa menjadi pengusaha," kata Owner Ulet Jaya Bima Iman Soryo Wibowo dalam keterangan tertulis kepada wartawan di Mataram, Selasa.
Ia mengatakan, dunia kewirausahaan di kalangan pelajar dinilai penting, karena salah satu tujuan membangun kewirausahaan, bagaimana mempersiapkan generasi muda yang kompetitif serta bisa membuka dunia usaha baru, termasuk mampu memberikan kerja untuk orang lain.
Untuk itu, kata Iman, jiwa kewirausahaan para remaja harus terus dipupuk sejak mulai kanak kanak, dan hal ini membutuhkan dukungan dari semua pihak.
Iman menuturkan, usaha yang telah dibangunnya, Ulet Jaya Bima adalah perusahaan yang dimulai dari empat lini bisnis hingga sekarang menjadi 14 lini bisnis. Bergerak di bidang perbengkelan, vulkanisir ban, penjualan alat kesehatan, toko roti, dan beragam bisnis lainnya.
"Dari karyawan 11 orang sekarang menjadi 100 orang lebih. Alhamdulillah terus berkembang," katanya.
Menjadi kebahagiaan tersendiri, kata dia, ketika bisa membuka lapangan pekerjaan. Banyak orang yang bisa mendapat nafkah dari setiap usaha baru Ulet Jaya Bima.
"Beda kalau menjadi pekerja, tidak ada yang dibantu selain diri sendiri dan keluarga. Membuka usaha berarti sudah membantu banyak orang, apalagi di Kota Bima mencari kerja cukup sulit," ujarnya.
Sebagai anak muda Kota Bima, Iman mengaku, siap memberi dorongan kewirausahaan kepada pelajar. Bahkan dirinya akan menjadi mentor langsung bagi anak-anak muda kreatif.
"Yang utama, pilihlah usaha dari hobi. Karena usaha dari hobi akan kita sukai," katanya.
Dalam kesempatan itu, Iman juga mengingatkan supaya semua siswa berani memulai bisnis. Mulai dari yang kecil dan disukai.
Kedatangan Iman mendapat sambutan hangat dari Kepala SMAN 1 Kota Bima. Lulusan tahun 2004 ini juga membawa sumbangan berupa alat tulis untuk sekolahnya.
"Kita senang ada alumni yang masih mengingat sekolahnya, apalagi sampai memberi sumbangan," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bima Drs Safruddin.
Iman yang datang dengan membawa bantuan alat tulis untuk sekolah menjelaskan, kedatangan ke SMAN 1 Kota Bima sekaligus mendorong gerakan wirausaha di kalangan pelajar, utamanya mereka yang akan lulus sekolah.
"Iya, memang tidak banyak anak muda yang tertarik berwirausaha," ucapnya.
Namun Safrudin berharap semakin banyak anak muda yang menggeluti dunia usaha. Dengan membuka usaha banyak peluang tercipta. Ia mengapresiasi langkah Iman menyebarkan virus kewirausahaan.
"Apalagi saat ini masih banyak yang tertarik menjadi pekerja terutama pegawai negeri," katanya. (*)

Editor: Nur Imansyah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga