Gubernur: Desa Inovatif Masa Depan NTB

id Festival Desa Inovatif

Ternyata di balik itu semua ada nilai baik, ada karya yang luar biasa yang orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi mengatakan desa inovatif adalah masa depan NTB.

"Maju desa kita, maju NTB," kata Zainul Majdi pada acara pembukaan Festival Desa Inovatif di Kota Mataram, Kamis.

Menurut gubernur, kemajuan NTB membutuhkan kreativitas dan keberdayaan masyarakat di semua tempat, apalagi yang hadir dan tumbuh di desa.

"Sebagian besar masyarakat kita masih bermukim di desa. Sehingga, bila masyarakat desa dalam jumlah yang besar ini mampu memanfaatkan inovasi dengan sebaik-baiknya, maka desa akan cepat maju dan menjadi motor penggerak pembangunan daerah secara keseluruhan," jelasnya.

Desa inovatif kata gubernur identik dengan tempat yang indah dan baik, tempat berkontribusi menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan mampu menularkan nilai-nilai baik bagi daerah lainnya.

"Yang menarik inovasi ini memberikan solusi bukan dengan biaya tinggi, bukan sesuatu yang rumit namun hadir secara kontekstual menyelesaikan persoalan masing-masing sesuai karakter persoalan yang dihadapinya," katanya.

Ia menambahkan, desa inovasi membuka mata bahwa ternyata di desa banyak melahirkan karya baik teknologi, sistem maupun tata cara yang memudahkan kehidupan masyarakat yang selama ini desa identik dengan keterbelakangan dan ketidakberdayaan.

"Ternyata di balik itu semua ada nilai baik, ada karya yang luar biasa yang orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa," katanya.

Meski demikian, kata gubernur, kalau sekarang urbanisasi terjadi banyak warga desa datang mencari pekerjaan dan pindah bermukim di kota, namun suatu saat nanti dengan pengembangan desa inovasi ini akan banyak orang kota datang ke desa menimba ilmu mencari hal-hal baru yang memberi inspirasi dan pengetahuan bagi hidup. (*)