GAPOKTAN DESA KEKERI RAIH JUARA NASIONAL

id



      Lombok Barat, 21/12 (ANTARA) - Gabungan Kelompok Tani Desa Kekeri di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, meraih juara dua nasional 2010 sebagai Unit Pelaksana "Farmers Managed Extension Activities" karena dinilai berhasil dalam pengelolaan pertanian.

     "Penghargaan ini hendaknya menjadi motivasi bagi gabungan kelompok tani (Gapoktan) lain dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan pertanian di daerah ini," kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Daerah (BP4KKPD) Lombok Barat HM. Uzair di Gerung, Selasa.

     Menurut dia, Gapoktan Desa Kekeri yang berada di bawah lereng pengunungan ini memang berhak mendapatkan penghargaan tersebut karena mampu mengelola dana dari Bank Dunia melalui proyek Unit Pelaksana Farmers Managed Extension (UP-FMA) senilai Rp4,6 miliar.

     "Bantuan yang diberikan dalam bentuk stimulus itu diperuntukan bagi kemajuan  pertanian di daerah ini," katanya.

     Ia mengatakan, bantuan yang sudah berjalan selam lima tahun itu diberikan kepada beberapa gapoktan di Lombok Barat dengan satu kelompok mendapatkan dana Rp15 juta.  
Bantuan dana tersbeut di antaranya digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para petani, peningkatan kualitas produk hasil pertanian serta meningkatkan manajemen usahanya.

     Uzair menambahkan, prestasi lahir dari loyalitas, semangat, kerja keras, pantang menyerah dalam memberikan kontribusi secara terus menerus kepada masyarakat khususnya petani.

         "Saya berharap prestasi yang diraih oleh Gapoktan Desa Kekeri ini bisa ditingkatkan, paling tidak dipertahankan," katanya.(*)