Clermont terus menciptakan kejutan saat bangkit imbangi Lyon 3-3

id liga prancis,clermont,lyon,elbasan rashani,moussa dembele,lucas paqueta

Clermont terus menciptakan kejutan saat bangkit imbangi Lyon 3-3

Gelandang Clermont Johan Gastien (kanan) berebut bola dengan gelandang serang Olympique Lyon Houssem Aouar dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (22/8/2021). (ANTARA/AFP/Philippe Desmazes)

Jakarta (ANTARA) - Clermont terus menciptakan kejutan dalam musim debutnya di kasta tertinggi Liga Prancis saat bangkit dari ketertinggalan untuk mengimbangi tuan rumah Olympique Lyon 3-3 dalam laga pekan ketiga di Stadion Groupama, Minggu.

Lyon memimpin 3-1 hingga turun minum berkat dwigol Moussa Dembele dan satu gol lain yang dicetak Lucas Paqueta, sementara tim tamu membalas lewat gol bunuh diri Sinaly Diomande.

Namun, dalam 10 menit terakhir pertandingan Clermont bangkit dan pemain pengganti Elbasan Rashani dua kali membobol gawang Lyon untuk memaksakan hasil imbang.

Hasil tersebut membuat Clermont yang belum terkalahkan di musim debutnya sementara menempati posisi ketiga klasemen dengan koleksi tujuh poin.

Sebaliknya Lyon (2) yang belum memetik satu kemenangan pun berada di posisi ke-17, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.



Lyon memimpin cepat pada menit kelima lewat eksekusi penalti Dembele setelah ia dijatuhkan Johan Gastien di dalam area terlarang.

Clermont menyamakan kedudukan pada menit ke-12 ketika situasi sepak pojok yang berujung gol bunuh diri Diomande.

Tuan rumah merestorasi keunggulan mereka lagi pada menit ke-21 saat Dembele menyambar bola muntah hasil tembakan Paqueta. Wasit Thomas Leonard sempat berkonsultasi dengan VAR sebelum mengesahkan gol tersebut.

Lyon selanjutnya mengambil kendali penuh permainan tapi harus menunggu hingga injury time babak pertama untuk memperlebar keunggulannya jadi 3-1 saat Paqueta menyelesaikan umpan terobosan Houssem Aouar.

Pertandingan berlangsung semakin terbuka selepas turun minum dan Clermont sempat dua kali mengancam di awal babak kedua, sayang tembakan Jodel Dossou dan Jim Allevinah masih bisa diamankan kiper Anthony Lopes.

Pada menit ke-78, Diomande berusaha membayar gol bunuh dirinya saat menyambut umpan sepak pojok kiriman Maxence Caqueret, sayang tandukannya masih melenceng di sisi kiri gawang.



Dua menit kemudian, Clermont memperkecil ketertinggalan mereka saat Rashani, yang baru masuk sejak menit ke-69 menggantikan Allevinah, mampu memperdaya Lopes dengan tembakan dari tengah kotak penalti.

Lyon berusaha membunuh pertandingan semenit jelang bubaran waktu normal tetapi kiper Arthur Desmas mampu melakukan dua penyelamatan beruntun atas tembakan jarak jauh Aouar dan sepakan jarak dekat Karl Toko Ekambi yang berusaha menyambar bola muntah.

Petaka bagi tuan rumah terjadi pada menit pertama injury time ketika Rashani mencetak gol keduanya dengan menanduk umpan sepak pojok Gastien demi memaksakan pertandingan berakhir imbang 3-3.

Pada pertandingan selanjutnya Clermont akan menjamu Metz di Stadion Gabriel-Montpied pada Minggu (29/8) pekan depan, dua hari setelah Lyon bertandang ke La Beaujoire-Louis Fonteneau menghadapi Nantes.