Perayaan malam tahun baru di Kota Praya Loteng tak terlalu ramai

id Tahun Baru

Perayaan malam tahun baru di Kota Praya Loteng tak terlalu ramai

Sejumlah warga di area Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada malam pergantian Tahun Baru 2022. (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Perayaan malam pergantian tahun baru 2022 di Kota Praya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tak seramai sebelum pandemi COVID-19.

Pandemi COVID-19 yang telah terjadi hampir duq Tahun ini masih berdampak pada ekonomi masyarakat maupun aktivitas warga yang saat ini dibatasi untuk mencegah kluster baru.

Pantauan wartawan ANTARA, sekitar pukul 20.30 Wita di beberapa titik pusat keramaian di Kota Praya yang biasanya dipadati warga saat malam pergantian tahun baru terlihat tidak ramai. Seperti di Alun-alun Tastura Praya hanya terlihat beberapa penjual makanan dan minuman yang berjejer seperti malam biasanya serta beberapa pengunjung.

Begitu juga dengan arus lalulintas tidak ada kemacetan, baik di jalan raya simpang empat menuju Kota Praya mampu di pusat pertokoan jalan protokol. Sejumlah aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan anggota Dinas Perhubungan Lombok Tengah terlihat berjaga dan patroli di beberapa ruas jalan di Lombok Tengah.

Selain itu, di beberapa tempat angkringan terlihat tidak ada kerumunan, hanya beberapa warga yang datang bersama teman dan kerabatnya sambil makan malam.

Selain itu juga, pengunjung di are Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan sejumlah kafe di Kuta terlihat normal, tidak terlalu ramai.

Penjual terompet dan kembang api tidak begitu banyak, hanya beberapa pedagang yang berjualan dan pada malam pergantian tahun baru pukul 00.00 Wita suara kembang api terdengar beberapa saat, karena tidak banyak warga yang menyalakan kembang api atau berbeda dengan tahun sebelum pandemi yang dimeriahkan dengan pesta kembang api dan trompet.

Malam tahun baru di Lombok Tengah sempat diguyur hujan pada pukul 18.00 Wita sampai 19.30 Wita, setelah itu cuaca terlihat cerah berawan.

Abyan salah satu warga Kota Praya mengatakan, malam tahun baru kali ini memang tidak seramai malam tahun baru sebelum pandemi COVID-19, meskipun saat ini kasus COVID-19 telah menurun drastis.

"Tidak telralu ramai, suasananya seperti malam Ahad saja," kata Abyan di Praya.

Dia berharap semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Berbeda halnya dengan Sentana warga Desa Puyung. Dia bersama keluarga dan temannya merayakan pergantian malam tahun baru dengan bakar ayam dan ikan sebagai lauk makan malam.

"Cuaca begini lebih baik bakar ayam dan ikan di malam Tahun Baru, lebih asik dan bikin kenyang," katanya.

Sebelumnya, Jajaran Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat melaksanakan patroli dan membentuk pos pengamanan dan pelayanan pada libur jelang tahun dalam rangka meningkatkan kamtibmas.

"Ini merupakan kegiatan dalam rangka pengamanan jelang tahun baru 2022 yang dilakukan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut harus sesuai dengan SOP, memberikan himbauan secara manusiawi, komunikatif dan menghindari tindakan yang kontra produktif.

"Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk upaya dalam memberikan rasa aman terhadap warga yang merayakan tahun baru," katanya.*