BURUNG HANTU USIR HAMA TIKUS

id

Surabaya (ANTARA) - Burung hantu diyakini menjadi solusi pembasmi tikus di sejumlah lahan padi di Indonesia karena dapat menghentikan siklus perkembangbiakan organisme pemakan tanaman tersebut.

"Tikus identik sebagai hama tanaman padi terutama merajalela pada kemarau seperti sekarang," kata Kepala UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Jatim, Kethut Marsudi, ditanya dampak musim kemarau terhadap pola tanam petani padi Jatim.

Ia mengatakan kini sudah ada sejumlah petani di Jombang yang menyebar 100 ekor burung hantu. Pada malam hari, burung hantu yang dipelihara di kandang tersendiri itu dilepas di beberapa area lahan padi.

"Bahkan, di Mojokerto juga telah menerapkan upaya serupa untuk membasmi tikus meskipun jumlah burung hantu yang disebar lebih besar di Jombang," ujarnya.

Akan tetapi, ia mengaku, selama sosialisasi terkait upaya pembasmian tikus di beberapa daerah terkendala oleh budaya masyarakat. Pada umumnya, mereka menganggap memelihara burung hantu bisa mendatangkan musibah.

"Padahal, secara logika burung hantu sangat efektif membasmi tikus. Apalagi, burung hantu terkenal gemar makan tikus," katanya.

Selama ini sejumlah lahan padi yang menjadi sasaran tikus pada umumnya berada di Sidoarjo, Tuban, Lamongan, dan Lumajang.(*)