Biddokkes Polda NTB giatkan sosialisasi penanggulangan PMK pada ternak

id sosialisasi pmk,pmk ternak,biddokkes ntb

Biddokkes Polda NTB giatkan sosialisasi penanggulangan PMK pada ternak

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kandang ternak milik salah satu kelompok tani ternak di Mataram, NTB, Jumat (5/8/2022). (ANTARA/HO-Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menggiatkan sosialisasi penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto di Mataram, Sabtu, mengatakan, sasaran dari sosialisasi ini adalah kelompok tani ternak dan rumah potong hewan.

"Dalam giat, tim menyosialisasikan berbentuk edukasi tentang bagaimana cara antisipasi dan penanganan terhadap penularan dan penyebaran PMK," kata Artanto.

Terakhir, lanjut dia, aktivitas sosialisasi oleh tim biddokkes terpantau di wilayah Majeluk, Kota Mataram. Aktivitas pada Jumat (5/8) sore, itu tim memberikan pemahaman kepada kelompok tani ternak dan rumah potong, khusus kambing milik kelompok Beriuk Maju.

"Dalam kegiatan kemarin, tim juga melakukan penyemprotan desinfektan dan dekontaminasi pada kandang, peralatan, kendaraan dan bahan-bahan lainnya yang kemungkinan menularkan penyakit PMK pada ternak," ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, tim juga melakukan pengamatan dan penelusuran dari jalur distribusi ternak.

"Dari penelusuran itu tim melakukan pergerakan berlanjut. Jadi aktivitas dilakukan dari satu pintu ke pintu lain," ujar dia.